Kamis 28 Apr 2022 14:56 WIB

Peningkatan Kendaraan Saat Arus Mudik Terjadi Hari Ini 

Hari ini jam 17.00 WIB arah Jakarta ke Cirebon Bandung akan disatuarahkan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jajaran Forkopimda memantau arus mudik di pos pengamanan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jajaran Forkopimda memantau arus mudik di pos pengamanan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengungkapkan, H-4 arus mudik Lebaran 1443 Hijriah masih berjalan aman dan terkendali. Peningkatan arus kendaraan diprediksi akan terjadi pada Kamis (28/4/2022) sore. "Pergerakan masih aman terkendali," kemarin 24 ribu (kendaraan) yang masuk prediksi sesuai prediksi hari ini ya (meningkat)," ujarnya seusai meninjau pos pengamanan di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (28/4/2022).

Dia menuturkan, pada Kamis (28/4/2022) sore di tol arah Jakarta menuju Cirebon dam Bandung akan diberlakukan satu arah atau one way. Selain itu sebanyak 400 pos ditempatkan di seluruh Jawa Barat saat mudik Lebaran.

"Hari ini jam 17.00 WIB arah Jakarta ke Cirebon Bandung akan disatu arahkan, sebelum jam 5 masih bisa dari Bandung ke Jakarta tapi ada contraflow setelah jam 17.00 Wib full mengantisipasi kepadatan," katanya.

Dia mengingatkan, pemudik untuk tidak memaksakan tetap mengemudi saat kelelahan. Lebih baik beristirahat terlebih dahulu di pos-pos yang telah disediakan polisi.

"Masing-masing ada pos utama di Polres Bandung ini dengan fasilitas lengkap, kalau kelelahan ingat jangan dipaksakan bisa istirahat di sini ada makan gratis, pijat gratis yang belum vaksin disediakan agar kita pulang ada rasa aman sudah divaksin," katanya.

Emil memuji inovasi yang dilakukan Polresta Bandung dengan program pom mini mobile bagi kendaraan yang kehabisan bensin. Petugas akan langsung mendatangi kendaraan yang kehabisan bensin di tengah-tengah tol.

"Istimewa di Cileunyi warga kalau kehabisan bensin di tol dan jauh dari rest area bisa menghubungi 135 nanti motor pertamina dikawal polisi akan menolong mengantarkan bensin. Saya apresiasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement