Kamis 28 Apr 2022 12:25 WIB

Ciptakan Lapangan Kerja, Jokowi Minta Investasi Terus Ditingkatkan

Pemerintah tak bisa lagi hanya mengandalkan pada APBN dan APBD

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya agar meningkatkan investasi yang akan menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Karena itu, ia meminta agar daerah memberikan pelayanan perizinan berusaha yang lebih cepat dan sederhana.

Hal ini disampaikan Jokowi saat peresmian pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan nasional di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/4).

Baca Juga

“Tingkatkan investasi yang akan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya. Ini rebutan antar negara. Kalau pelayanan perizinan kita belum cepat di pusat maupun di daerah, segera sederhanakan percepat, layani semua yang berkaitan dengan investasi,” jelas Jokowi.

Ia menegaskan, pemerintah tak bisa lagi hanya mengandalkan pada APBN dan APBD. Karena itu, ia mendorong jajarannya untuk kreatif mencari sumber-sumber pembiayaan baru yang inovatif dengan meningkatkan kemudahan berusaha dan daya tarik investasi.

Selain itu, Jokowi meminta agar agenda-agenda strategis untuk peningkatan SDM harus terus berjalan. Seperti percepatan penurunan kemiskinan ekstrim, penurunan angka stunting, peningkatan kualitas SDM melalui transformasi di bidang kesehatan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, serta upskilling dan reskilling tenaga kerja agar semakin produktif dan kompetitif.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement