Muslim Sydney Australia Lancarkan Program Buka Puasa di Indonesia

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)

 Kamis 28 Apr 2022 10:36 WIB

Muslim Sydney Australia Lancarkan Program Buka Puasa di Indonesia - Suara Muhammadiyah Muslim Sydney Australia Lancarkan Program Buka Puasa di Indonesia - Suara Muhammadiyah

Muslim Sydney Australia Lancarkan Program Buka Puasa di Indonesia

Muslim Sydney Australia Lancarkan Program Buka Puasa di Indonesia

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk kedua kalinya diaspora Muslim Indonesia yang berada di Australia menggalang dana untuk buka puasa di tanah air. Melalui program “Two Dollar Iftar Soim”, mengirimkan dana untuk buka puasa di berbagai kawasan yang sangat memerlukan. Kegiatan yang sama sudah pernah dilakukan tahun dengan prioritas yang sama.

Program ini cukup ringan. Karena warga hanya diminta memberikan sumbangan dua dollar saja. Dengan uang sebanyak itu, sudah cukup memberikan makan buka puasa bagi seorang warga di tanah air. Sementara di Australia, uang sebanyak itu masih jauh dari cukup untuk satu kali makan. Program ini mendapat sambutan dari warga Indonesia yang ada di Sydney dan warga negara Australia pada umumnya.

Kegiatan disponsori oleh Foundation of Islamic Studies and Information (FISI) atau Yayasan Kajian dan Informasi Islam yang berpusat di Kota Sydney. Dilaksanakan dengan prinsip mewujudkan langkah langkah kepedulian sosial dan melaksanakan prinsip “Share and Care”. Ini relevan dengan ajaran Rasulullah Saw., yang menyebutkan bahwa barang siapa memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa maka baginya pahala orang yang puasa tersebut tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang puasa tersebut.

Menurut Ketua FISI, Dr. Amin Hady, sasaran kegiatan adalah mereka yang miskin terutama miskin iman dan miskin ekonomi. Termasuk di antaranya adalah anak-anak pantai asuhan yatim piatu, pensiunan yang tidak mampu, kelompok pengajian daerah terpencil, kelompok muallaf, tukang ojek, satpam, pemulung, yang pada umumya adalah kaum dhuafa.

Ditambahkan oleh anggota ANIC (Australian National Imam Council) ini, untuk bulan suci Ramadan ini, telah terselenggara program buka puasa di tiga belas kawasan. Yakni Nusa Tenggara Timur, Aceh, Bogor, Indramayu, Banten, Wonogiri, Makassar, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Banyuwangi, Probolinggo, Malang, dan Jakarta. Setiap tempat buka puasa, dianggarkan dana sebesar tiga juta Rupiah.

Selain menggalang dana untuk buka puasa, yayasan ini juga akan menyelenggarakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 nanti yakni hari Senin, 2 Mei 2022. Tempatnya berada di Hurstville Entertainment Centre, di 16 MacMahon Street, Hurstville, 2220, New South Wales. Salat id ini terbuka untuk umum, baik diaspora Indonesia maupun Muslim lainnya yang tinggal di kawasan tersebut. (Haidir Fitra Siagian)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.

Berita Lainnya

Play Podcast X