Kamis 28 Apr 2022 07:27 WIB

Survei: Partisipasi Wanita Arab Saudi di Startup Lebih Tinggi dari Eropa

Wanita Arab Saudi mempunyai antusiasme tinggi di bidang startup

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Wanita Arab Saudi. Wanita Arab Saudi mempunyai antusiasme tinggi di bidang startup
Foto: EPA-EFE/STR
Ilustrasi Wanita Arab Saudi. Wanita Arab Saudi mempunyai antusiasme tinggi di bidang startup

IHRAM.CO.ID, LONDON – Penelitian yang dilakukan Endeavour Insight menyebutkan, persentase wanita Arab Saudi yang bekerja di sektor startup teknologi lebih tinggi daripada di Eropa. Bahkan, keterlibatan wanita Saudi di bidang teknologi lebih tinggi ketimbang kalangan prianya. 

Tingkat partisipasi perempuan di sektor tersebut mencapai 28 persen pada kuartal ketiga 2021. Angka ini lebih dari 10 persen di atas tingkat rata-rata Eropa, yang mencapai 17,5 persen pada periode yang sama, sebagaimana dilansir Arab News, Rabu (27/4/2022). 

Baca Juga

Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, mencatat bahwa ada 139.754 izin komersial baru yang dikeluarkan untuk wanita selama 2021. Ini adalah angka yang menandai salah satu tingkat pertumbuhan terbesar secara global. 

Kementerian mengatakan, jumlah tersebut mewakili peningkatan 112 persen dalam pendaftaran komersial yang dikeluarkan untuk pengusaha perempuan dibandingkan dengan 2015, yang saat itu 65.912 izin komersial diberikan kepada bisnis milik perempuan. 

Laporan itu menyebut, Kerangka Visi Saudi 2030, dengan fokusnya pada investasi sektor swasta dan daya tarik dan retensi bakat, telah memicu kenaikan. 

"Arab Saudi berpotensi menjadi pusat regional untuk kewirausahaan teknologi di Timur Tengah jika lebih banyak perusahaan mencapai skala besar," tambahnya, mengutip perkembangan dari perusahaan kecil menjadi perusahaan dengan lebih dari 50 karyawan. 

Laporan tersebut juga menyampaikan, ada lebih dari 50 karyawan yang dilaporkan membantu ketahanan di saat terjadi gejolak ekonomi. Temuan studi ini didasarkan pada wawancara dengan 70 pengusaha teknologi dan lebih dari 340 perusahaan dan pendiri mereka antara September dan November, dengan data yang dikumpulkan dari lebih dari 250 organisasi pendukung dan perusahaan investasi yang bekerja dengan komunitas teknologi Kerajaan. 

"Kami telah menyaksikan secara langsung di Endeavour pertumbuhan pesat ekosistem teknologi di Saudi dan betapa berharganya perusahaan berskala besar bagi pertumbuhan sektor mana pun," kata Lateefa Alwalaan, Direktur Pelaksana Endeavour Arab Saudi. 

Karena itu, dia menambahkan, penting untuk mendokumentasikan pertumbuhan dan dampaknya untuk lebih memahami ekosistem dan untuk menciptakan alat yang berharga untuk memandu pembuat kebijakan, pemodal ventura, dan pemangku kepentingan lain yang mendukung para pendirinya.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement