Kamis 28 Apr 2022 05:54 WIB

Dapat THR? Ini 8 Tips Belanja Cerdas Saat Bulan Ramadhan

Agar kondisi keuangan kamu tetap aman dan bebas masalah setelah lebaran.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
THR Lebaran
THR Lebaran

Penting untuk selalu memiliki prioritas yang jelas dalam keuangan, termasuk untuk kebutuhan belanja bulan Ramadhan. Selain membuat anggaran keuangan yang tepat, mematuhi dan menerapkan anggaran tersebut dengan baik juga  merupakan poin yang sangat penting. 

Berbelanjalah dengan bijak dan terencana, agar kondisi keuangan kamu tetap aman dan bebas masalah setelah lebaran. Berikut ini adalah beberapa tips belanja cerdas yang bisa diterapkan di bulan Ramadhan nanti:

 

1. Jangan langsung belanja pakaian setelah gajian

Belanja Pakaian

 

Belanja Pakaian

Berbelanja setelah mendapatkan gaji merupakan kebiasaan yang tidak selalu baik, termasuk di saat bulan Ramadhan. Di awal gajian seperti ini, biasanya kebanyakan toko akan mulai memberikan diskon besar-besaran. 

Namun bukan untuk pakaian terbaru yang mereka miliki, diskon ini seringkali dilakukan untuk menjual stok pakaian lama. Hindari untuk segera berbelanja sesaat setelah gajian, sebab kemungkinan pakaian yang kamu temui di toko adalah barang-barang yang lama.

2. Mulailah belanja seminggu setelah gajian

Seminggu setelah gajian merupakan waktu terbaik untuk mulai berbelanja. Namun sebelumnya, kamu perlu menyusun anggaran belanja terlebih dahulu. Hal ini akan membantu untuk memenuhi semua kebutuhan dengan tepat dan baik. 

Buatlah anggaran keuangan yang realistis, dimana pengeluaran dan penghasilan bisa seimbang. Alokasikan dana dari keuangan dalam jumlah yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: 9 Tips Belanja Keperluan Rumah Tangga Paling Praktis dan Anti Boros

3. Penuhi kebutuhan rutin terlebih dahulu

Belanja Kebutuhan Rutin

Belanja Kebutuhan Rutin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika berbelanja adalah memenuhi semua kebutuhan rutin bulanan terlebih dahulu. Prioritaskan untuk kebutuhan  makan selama sebulan ke depan. 

Selanjutnya, bayar semua tagihan rutin bulanan selama bulan Ramadhan, seperti: tagihan listrik, cicilan mobil, uang sekolah, dan yang lainnya. Jika semua kebutuhan ini telah terpenuhi dengan baik, maka membeli kebutuhan lainnya yang sudah ada di dalam anggaran juga tak ada salahnya.

4. Beli pakaian yang bisa dipakai untuk waktu yang lama

Pakaian untuk kebutuhan hari raya untuk menjadi salah satu incaran kamu di bulan Ramadhan nanti.  Namun jika ingin pakaian ini bisa digunakan lebih maksimal, maka hindari untuk membeli pakaian musim lalu. 

Pakaian yang seperti ini pada umumnya menjadi item yang diobral di toko dengan harga yang lebih murah. Membeli pakaian dengan desain terbaru atau bahkan yang bisa dipakai untuk waktu lama adalah keputusan yang tepat. 

5. Pertimbangkan untuk membeli secara online

Belanja Online

Belanja Online

Mendatangi langsung toko atau pusat perbelanjaan merupakan hal yang cukup beresiko selama masa pandemi ini. 

Selain itu, cara ini juga beresiko membuat kamu membelanjakan lebih banyak uang, sebab ada banyak sekali barang murah yang bisa ditemukan di sana. 

Jika memungkinkan, pertimbangkanlah untuk  belanja secara online saja. kamu bisa leluasa untuk melihat dan mempertimbangkan setiap barang yang akan dibeli, tanpa harus terburu-buru seperti ketika mendatangi pusat perbelanjaan.

6. Menyewa pakaian bisa menghemat banyak uang

Membeli sesuatu yang hanya dipakai satu atau beberapa kali saja memang terbilang tidak efisien, apalagi jika harganya cukup mahal. Daripada membeli dan menghabiskan banyak uang, tidak ada salahnya menyewa pakaian lebaran saja. 

Saat ini ada banyak layanan yang menyediakan jasa tersebut, bahkan bisa diakses secara online. Selain pakaian, cara ini juga bisa diterapkan untuk berbagai kebutuhan lainnya, terutama yang hanya dipakai satu kali saja. 

Baca Juga: 8 Tips Membeli Laptop untuk Keperluan Pekerjaan

7. Manfaatkan promo kartu kredit dan kumpulkan poinnya

Belanja dengan Kartu Kredit

Belanja dengan Kartu Kredit

Bagi kamu yang memiliki fasilitas kartu kredit, tidak ada salahnya Untuk memanfaatkan alat pembayaran yang satu ini saat berbelanja. Selain lebih praktis, kartu kredit juga memiliki banyak keuntungan lainnya yang bisa  dinikmati oleh penggunanya. 

Gunakan kartu kredit untuk membayar berbagai barang yang menawarkan poin reward atau cashback. Kelak poin dan juga cashback ini bisa dikumpulkan dengan hadiah maupun penawaran menarik lainnya yang menguntungkan. 

Namun tetap menggunakan kartu kredit dengan bijak, agar tidak sampai menimbulkan masalah di dalam keuangan.

8. Tak ada salahnya membeli barang bekas

 Membeli barang bekas juga menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Ini bukan hal yang tabu lagi untuk dilakukan, sebab di luar sana ada banyak barang bekas yang berkualitas baik. 

Kamu bisa menemukan platform khusus yang menjual berbagai barang bekas seperti ini dengan lebih mudah secara online. Barang-barang yang dijual  juga bukan yang berkualitas buruk, sebagian bahkan berasal dari brand ternama.

Kelola Biaya Belanja Bulan Ramadhan dengan Cerdas 

Belanja berbagai kebutuhan Ramadhan merupakan hal yang lazim dilakukan, sejak awal bulan puasa. Selain membutuhkan banyak uang, hal ini juga sering membuat kondisi keuangan jadi tekor setelah lebaran usai. Hindari masalah keuangan dan aturlah belanja Ramadhan dengan cerdas, agar kondisi keuangan tetap aman. 

Baca Juga: Mengenal PayPal, Fungsi dan Cara Daftarnya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement