Kamis 28 Apr 2022 05:50 WIB

UMM Laksanakan Bakti Sosial di Pujon dan Ngantang

Baksos sosial di Pujon dan Ngantang bagian program UMM berbagi untuk negeri

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan bakti sosial (baksos) di Pujon dan Ngantang, Kabupaten Malang, Rabu (27/4/2022). Kegiatan ini juga mengakhiri rangkaian panjang Syiar Ramadhan yang dilaksanakan UMM selama bulan suci
Foto: Humas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan bakti sosial (baksos) di Pujon dan Ngantang, Kabupaten Malang, Rabu (27/4/2022). Kegiatan ini juga mengakhiri rangkaian panjang Syiar Ramadhan yang dilaksanakan UMM selama bulan suci

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kegiatan bakti sosial (Baksos) mengakhiri rangkaian panjang Syiar Ramadan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Membawa rombongan besar, tim Kampus Putih berangkat menuju lokasi, yakni Pujon dan Ngantang, Kabupaten Malang pada Rabu (27/4/2022).

Adapun baksos ini merupakan bagian dari program UMM Berbagi untuk Negeri yang sudah dilaksanakan Kampus Putih sejak lama. Sebelumnya, UMM berbagi untuk negeri telah melaksanakan beragam kegiatan. Hal ini dimulai dari berbuka bersama Lapas Prempuan, berbagi hewan kurban, menyambangi korban bencana gempa, dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan kali ini, tim UMM tidak hanya memberikan bantuan berupa sembako, tapi juga menyediakan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat dan konsultasi parenting. Selain itu juga mengajak bermain anak-anak, mendongeng hingga menyuguhkan bacaan menarik melalui mobil Kamis Membaca (KaCa) dan Bakti terhadap Negeri (Terbang). Rombongan Muhammadiyah University Riders (MURid) juga menyertai baksos kali ini.

Melepas keberangkatan rombongan baksos, Wakil Rektor II UMM Nazaruddin Malik menilai, aktivitas ini menjadi upaya Kampus Putih untuk turut serta membagi berkah. Hal ini terutama pada Ramadhan yang sebentar lagi berakhir.

Nazar juga menyampaikan bahwa UMM siap memberikan kontribusi untuk negeri dengan berbagai kegiatan. "Utamanya yang mampu memberikan senyuman," katanya dalam pesan resmi yang diterima Republika, Rabu (27/4/2022).

Nazar menjelaskan, alokasi dana yang digunakan bersumber dari infaq para karyawan dan dosen serta masyarakat luar yang juga ingin berkontribusi. Para donatur juga turut memberikan sumbangsih sehingga dana yang terkumpul bisa disalurkan dengan baik kepada mereka yang membutuhkan.

Nazar berharap apa yang diupayakan ini mendapatkan rida dari Allah SWT. Ia juga berharap model baksos yang dilakukan ke depannya bisa dikembangkan dan diselenggarakan dengan bentuk yang lain.

Sementara itu, Koordinator Baksos  Sri Adila Nurainiwati mengatakan, pihaknya membawa banyak rombongan yang memiliki perannya masing-masing. Sebut saja mobil pikap yang membawa paket sembako, Mobil KaCa yang menyediakan permainan dan bacaan, Mobil terbang yang juga menyediakan bingkisan bagi anak-anak yang hadir, dan sederet rombongan lain.

Tidak lupa, pihaknya juga membawa mobil ambulance dengan beberapa dokter untuk menyediakan pemeriksaan kesehatan serta konsultasi parenting gratis kepada masyarakat. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui kondisi kesehatan sehingga dapat segera diatasi jika ternyata menderita penyakit.

Perempuan disapa Ninin menjelaskan, pihaknya memang akan menyasar dua lokasi, yakni Pujon dan Ngantang. Adapun penyerahan bantuan telah diberikan di SDN Bendosari 1 Pujon yang langsung diterima oleh Kepala Desa. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dan pelaksanaan program di Ngantang.

Pihaknya juga melangsungkan berbuka bersama para warga untuk memperkuat persaudaraan. "Semoga apa yang kami lakukan ini bisa menginspirasi teman-teman lain untuk turut serta membagi dan mengadakan agenda yang sama demi menyunggingkan senyum ke sesama,” jelasnya.

Kunjungan UMM disambut baik oleh masyarakat, salah satunya Vanessa Aulia Triananta yang ikut bermain bersama tim Mobil KaCa. Ia merasa senang bisa ikut bersenang-senang bernyanyi bersama, serta mendapatkan hadiah dari kakak-kakak Mobil KaCa Kampus Putih.

“Menyenangkan sekali bisa bermain beragam permainan bersama teman-teman. Apalagi ada buku-buku menarik dengan gambar-gambar bagus yang bisa kami baca. Terimakasih kakak-kakak,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement