Kapolda Jabar Pantau Arus Mudik dan Wisata di Selatan Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Rabu 27 Apr 2022 23:38 WIB

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana. Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memantau langsung pengamanan arus mudik dan wisata di Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/4/2022). Di mana dari pantauannya semua elemen telah siap mengamankan arus mudik dan wisata. Foto: Republika/Shabrina Zakaria Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana. Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memantau langsung pengamanan arus mudik dan wisata di Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/4/2022). Di mana dari pantauannya semua elemen telah siap mengamankan arus mudik dan wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memantau langsung pengamanan arus mudik dan wisata di Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/4/2022). Di mana dari pantauannya semua elemen telah siap mengamankan arus mudik dan wisata.

"Saya memastikan pengamanan mudik dan wisata di Sukabumi sudah terkelola dan tergelar dengan baik," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana disela-sela kunjungan ke Polres Sukabumi di Palabuhanratu, Rabu. Di mana dalam kunjungannya ia mengecek kesiapan Polres Sukabumi dan seluruh jajaran guna menyiapkan pengamanan arus mudik lebaran dan wisata di Kabupaten Sukabumi.

Selain ke Mapolres Sukabumi, Kapolda juga meninjau Pos pam Citepus Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Dari pantauannya, persiapan pengamanan arus mudik dan wisata semua sudah siap dimana seluruh personil yang terlibat baik Polisi, TNI dan Instansi terkait semuanya sudah tergelar.

Suntana mengungkapkan, di Kabupaten Sukabumi selain menjadi daerah tujuan mudik juga menjadi daerah wisata. Hal ini didasarkan data statistik pada 2019 ada lebih dari 3 juta orang masyarakat yang liburan ke wilayah tersebut.

"Di tahun 2022 dengan adanya kelonggaran dari pemerintah, kita membuat skenario akan ada 3 juta orang juga yang wisata kesini," cetus Suntana. Sehingga fokus petugas selain mengamankan jalur mudik juga mengamankan jalur wisata.

Pada kesempatan pengecekan pos pam wisata, Suntana juga didampingi Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah dan Forkopimda Kabupaten Sukabumi. Rombongan berkesempatan membagikan bingkisan kepada petugas di Pospam Citepus dan Pos pam Istiqomah serta para pedagang yang ada disekitar kawasan wisata.

Selanjutnya, kapolda melakukan pengecekan jalur wilayah selatan dari arah Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi menuju Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur. Ia menyempatkan berhenti di Jembatan Cikaso yang menjadi penghubung antara Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur.