Kamis 28 Apr 2022 03:20 WIB

Alasan Orang Beli Smartphone Baru Jelang Lebaran

Smartphone menjadi kebutuhan wajib masyarakat untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Xiaomi Mi 11 Lite
Foto: gsm arena
Xiaomi Mi 11 Lite

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan elektronik konsumen dan teknologi manufaktur pintar yang berfokus pada smartphone, perangkat pintar, dan platform Internet of Things (IoT), Xiaomi melakukan survei Ramadhan 2022. Survei ini dilakukan 14-17 April 2022 kepada 543 responden dengan rentang usia 20-35 tahun.

Dari survei tersebut ditemukan beberapa hasil menarik, antara lain sebagai berikut:

Baca Juga

Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk upgrade smartphone

Smartphone telah menjadi kebutuhan wajib masyarakat untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan, dari berkomunikasi, menikmati hiburan, hingga kegiatan produktivitas. Seiring berkembangnya waktu, teknologi, dan fitur yang dihadirkan juga semakin meningkat.

Ini yang menjadi alasan masyarakat upgrade smartphone ke seri yang lebih baru. Dari survei yang dilakukan, 43,1 persen responden memilih periode bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk upgrade ke smartphone yang lebih baru.

Ada beberapa alasan kenapa masyarakat memilih untuk upgrade smartphone. Sebanyak 51,2 persen menyatakan smartphone yang dimiliki sudah waktunya diperbarui, sementara 35,4 persen responden menyatakan ingin menikmati inovasi teknologi lebih baru.

Mengabadikan foto yang maksimal menggunakan smartphone baru saat Hari Raya

Seiring meningkatnya teknologi, smartphone model baru umumnya dilengkapi kamera dan teknologi AI yang lebih mumpuni. Dari hasil survei, 51,9 persen responden menginginkan untuk dapat mengabadikan foto bersama pada saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru.

Hasil ini cukup dominan dibandingkan 13 persen responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman atau keluarga, serta 11,9 persen responden ingin menikmati bermain game menggunakan smartphone baru mereka.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement