Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Muslim di 70 Negara Baca Surah Al-Sajdah Serentak Rayakan World Quran Hour

Rabu 27 Apr 2022 17:03 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Membaca alquran (ilustrasi). Muslim di 70 Negara Baca Surat Al Sajdah Serentak Rayakan World Quran Hour

Membaca alquran (ilustrasi). Muslim di 70 Negara Baca Surat Al Sajdah Serentak Rayakan World Quran Hour

Foto: Republika
Surat Al Sajdah relevan dengan situasi pasca-Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Dalam memperingati World Quran Hour yang ketujuh, Muslim yang tersebar di sekitar 15 ribu lokasi di 70 negara membaca Alquran. Program tersebut dimulai pada pukul 12.00 waktu setempat, Selasa (26/4/2022).

Pendiri Quran Hour sekaligus Ketua Yayasan Warisan Ummah Ikhlas (WUIF) Datuk Hussamuddin Yaacub mengatakan program tahun ini memilih Surat Al Sajdah yang sesuai dengan tema Dunia Bersujud.

Baca Juga

“Kami menjadikan surat ini sebagai tema tahun ini karena relevan dengan situasi kami pasca-Covid-19. Selama dua tahun kami diuji dan kami perlu bersujud kepada Allah sebagai ikhtiar (usaha) kami untuk bangkit kembali,” kata Hussamuddin dalam sebuah wawancara dengan Bernama Radio.

Hussamuddin menyebut yang membuat acara tahun ini semakin istimewa adalah hadirnya Raja Permaisuri Agong Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah karena berkenan mengaji bersama peserta lainnya di lokasi utama, stasiun TV Al-Hijrah.

Selain di stasiun TV Al-Hijrah, acara ini juga digelar serentak di beberapa lokasi nasional, antara lain Malakat Mall, Cyberjaya, Selangor (Perusahaan Perpustakaan Umum dan Kantor Sekretaris Negara), Kuala Lumpur (Telekom Malaysia Berhad, Prolintas Group of Companies dan Masjid Mu'adz bin Jabal), dan di Kelantan (Mydin Tunjong di Kota Bharu).

Dilansir Bernama, Rabu (27/4/2022), program ini juga disiarkan secara langsung di TV Al-Hijrah dan akun media sosial stasiun TV serta radio lokal. Yakni, Sinar Harian, Bernama dan Astro Oasis dengan mengundang enam qari laki-laki dan dua lainnya untuk membacakan ayat-ayat Alquran.

Hussamuddin menjelaskan bagi mereka yang tidak bisa hadir di tempat acara, mereka juga bisa mengikuti program dengan membaca surat Al-Sajdah di rumah. Peserta yang menghadiri program di lokasi menghentikan rutinitas harian mereka untuk membaca dan menghargai surat Al-Sajdah.

Di Masjid Mu'adz Bin Jabal Taman Setiawangsa, acara juga diisi dengan acara Khatam Quran Perdana yang diikuti antara 100 hingga 150 peserta. Anggota Panitia Dakwah dan Pendidikan Masjid Mu'adz Bin Jabal Prof Datuk Azlie Halim mengatakan hal itu juga untuk merayakan para peserta tadarus dari berbagai usia yang selesai mengaji bertepatan dengan bulan Ramadhan.

“Acara dimulai dengan taddabur (diskusi) surat Al-Sajdah pada pukul 11.30 lalu dilanjutkan dengan pembacaan surat Al-Sajdah pada pukul 12.00 secara serentak di seluruh dunia, sebelum dilanjutkan dengan program khatam Quran Perdana,” ujarnya.

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2075880

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA