Kamis 28 Apr 2022 01:47 WIB

Ruas Jalan di Kabupaten Tangerang yang Dilintasi Pemudik Diperbaiki

Metode perbaikan jalan disesuaikan dengan kondisi kerusakan di tiap titik ruas jalan

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad
Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang memperbaiki puluhan ruas jalan di Kabupaten Tangerang yang dilintasi para pemudik. Hal itu dilakukan untuk memperlancar aktivitas mudik menjelang momen Lebaran 1443 Hijriyah/ 2022 Masehi.
Foto: istimewa
Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang memperbaiki puluhan ruas jalan di Kabupaten Tangerang yang dilintasi para pemudik. Hal itu dilakukan untuk memperlancar aktivitas mudik menjelang momen Lebaran 1443 Hijriyah/ 2022 Masehi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang memperbaiki puluhan ruas jalan di Kabupaten Tangerang yang dilintasi para pemudik. Hal itu dilakukan untuk memperlancar aktivitas mudik menjelang momen Lebaran 1443 Hijriyah/ 2022 Masehi. 

“Ada 37 ruas jalan arus mudik di Kabupaten Tangerang yang diperbaiki. Titik-titik yang dilakukan perbaikan meliputi jalan-jalan di perbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Serang, jalur menuju tol, hingga jalur pendukung mobilitas di bidang kesehatan,” kata Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah Effendi, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga

Iwan menuturkan, proses perbaikan dilakukan secara berangsur di 37 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Tangerang tersebut. Menurut catatannya, dari total panjang jalan yang diperbaiki, masih kurang sekitar 12 persen lagi untuk diselesaikan.

“Dari 37 titik ruas jalan arus mudik di Kabupaten Tangerang dengan panjang mencapai 193,75 kilometer (km), kondisi jalan sepanjang 170,23 kilometer sudah dalam kondisi yang baik, dan 23,2 km jalan masih dalam proses perbaikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dalam implementasinya, metode perbaikan jalan disesuaikan dengan kondisi kerusakan pada tiap titik ruas jalan. Iwan menyebut akan melakukan perbaikan pada ruas jalan dengan tingkat kerusakan ringan dan sedang mencapai hingga 85 persen. Untuk lubang-lubang yang membahayakan dilakukan perbaikan tambal menggunakan hotmix atau aspal beton.

“Dengan perbaikan-perbaikan itu, 37 ruas jalan Kabupaten Tangerang yang berpotensi tinggi dilalui para pemudik bisa dipastikan kondisi jalannya baik, aman, dan layak digunakan,” kata dia yakin.

Selain melakukan perbaikan pada puluhan ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Tangerang itu, Iwan mengatakan pihaknya juga berencana memperbaiki beberapa ruas jalan provinsi dan jalan nasional. Setidaknya ada sembilan ruas jalan provinsi dan satu jalan nasional yang hendak diperbaiki.

“Kami berkoordinasi dengan Kementerian PUPR Provinsi Banten atas kondisi jalan nasional dan jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang yang menjadi tanggung jawabnya untuk diperbaiki. Sampai saat ini sudah ada beberapa jalan yang sudah diperbaiki sejak Jumat (22/4/2022),” ujarnya.

Perbaikan sejumlah ruas jalan diharapkan bisa menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik. Iwan memastikan pihaknya akan terus secara konsisten melakukan perbaikan. “Mengingat banyaknya kendaraan over dimension dan over capacity yang kerap membuat jalan menjadi rusak dini dan tidak mencapai umur rencana,” tuturnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement