Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi, Ini yang Harus Jadi Pilihan

Rabu 27 Apr 2022 12:04 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Minuman kopi (Ilustrasi). Selain mempercepat metabolisme tubuh, kopi juga meningkatkan rasa kenyang.

Minuman kopi (Ilustrasi). Selain mempercepat metabolisme tubuh, kopi juga meningkatkan rasa kenyang.

Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Bukan cuma nikmat, kopi juga berkhasiat untuk membantu turunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain nikmat, minum kopi juga bisa membantu menurunkan berat badan karena mempercepat kinerja metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa membakar lebih banyak kalori.

Peneliti medis Daniel Boyer menjelaskan, kopi meningkatkan metabolisme karena komponen utamanya adalah kafein. Ini merupakan stimulan yang meningkatkan thermogenesis metabolisme, proses di mana tubuh menghasilkan panas dari zat makanan yang dicerna.

Baca Juga

"Minum kopi juga dapat mencegah seseorang mengambil makanan ringan tanpa berpikir. Pada dasarnya, penyebab umum kenaikan berat badan hanyalah makan karena bosan," kata Boyer, seperti dilansir dari Express, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut, menurut Boyer, kopi juga meningkatkan rasa kenyang. Jadi, menikmati secangkir kopi sesaat sebelum makan dapat membuat porsi makan menjadi lebih sedikit.

Di sisi lain, menyeruput kopi bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan. Itu akan terjadi jika Anda menambahkan gula, susu, dan sirup yang memiliki kalori tinggi.

Oleh karena itu, ahli diet Kristin Gillespie menyarankan untuk mengonsumsi kopi hitam jika ingin menurunkan berat badan. Bagi mereka yang tidak bisa menikmati kopi zat aditif tertentu seperti pemanis bebas gula stevia dan truvia bisa ditambahkan.

"Bisa juga tambahkan sedikit susu rendah lemak. Itu semua tidak mengganggu tujuan penurunan berat badan Anda," jelas Gillespie.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA