Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

KBB UMM Berbagi Kasih lewat Makanan Berbuka Puasa Selama Ramadhan

Rabu 27 Apr 2022 05:39 WIB

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad

Kelompok Berbuat baik (KBB) Universitas Muhammadiyah Malang (UM membagikan lebih dari 230 nasi kotak bagi jemaah dan masyarakat selama Ramadhan. Dok

Kelompok Berbuat baik (KBB) Universitas Muhammadiyah Malang (UM membagikan lebih dari 230 nasi kotak bagi jemaah dan masyarakat selama Ramadhan. Dok

Foto: Humas UMM
Aktivitas ini sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Berbagi dan menebar kebaikan menjadi salah satu komitmen yang tidak hanya dipegang teguh oleh Universitas Muhammadiyah malang (UMM) sebagai instansi. Para sivitas akademika Kampus Putih juga melakukannya dengan konsisten. 

Salah satunya pembagian menu buka oleh Kelompok Berbuat baik (KBB) UMM. Setiap harinya, mereka membagikan lebih dari 230 nasi kotak bagi jemaah dan masyarakat selama Ramadhan.

Baca Juga

Bendahara KBB UMM, Thathit Manon Andini menjelaskan, aktivitas ini sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu. Hal ini berawal dari program Jumat berbagi, kemudian berlanjut dan dikembangkan pada Ramadhan. "Menariknya, banyak dosen dan karyawan yang turut memberikan sumbangan sehingga jumlah nasi yang diberikan selalu bertambah," ucapnya.

Bukan hanya yang masih aktif banyak pula dosen dan karyawan pensiun yang turut serta dalam kegiatan berbagi ini. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi pihak luar untuk ikut serta berdonasi dalam setiap kegiatan yang KKB lakukan.

Thatit melanjutkan bahwa pembagian makanan tersebut dilakukan setiap hari di Masjid AR Fachruddin UMM dan Masjid KH Bedjo Dermo Leksono RS UMM. Sebagian juga dibagikan kepada masyarakat untuk menu berbuka. Bahkan dulu sebelum pandemi, tidak hanya dua masjid api KBB juga menyediakannya di seluruh masjid UMM.

Menurut dia, KBB tidak hanya melakukan kegiatan rutin semacam ini. Ada program insidental yang sering dilangsungkan, seperti pemberian stroller bagi mereka yang membutuhkan. Begitupun dengan penyaluran donasi ke para korban bencana yang beberapa waktu lalu terjadi.

Saat ini, kata dia, ada lebih dari 50 troli yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan seperti para penjual jamu. Saat membuka donasi, para warga juga sangat antusias dengan memberikan hal-hal terbaiknya.

Dosen asal Kediri tersebut mengaku ingin agar KBB bisa menjadi salah satu wadah untuk berbagi dan membantu sesama. Di samping itu, KBB juga ingin bisa terus memfasilitasi para dosen dan karyawan untuk aktif berbagi serta menyisihkan sebagian hartanya.“Kalau membaginya secara individu sendiri-sendiri, saya rasa akan sulit dan kurang efektif. Berbeda kalau pembagiannya dilakukan secara kolektif dan bersama. Insya Allah lebih mudah dan efisien serta lebih cepat sampai kepada mereka yang membutuhkan,” kata dosen prodi Bahasa Inggris tersebut dalam pesan resmi Selasa (26/4/2022).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA