Rabu 27 Apr 2022 04:30 WIB

Selain Menyegarkan, Ini Enam Manfaat Teh Peppermint

Teh peppermint memiliki enam manfaat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Muhammad Hafil
Selain Menyegarkan, Ini Enam Manfaat Teh Peppermint. Foto: Teh peppermint.
Foto: Pixabay
Selain Menyegarkan, Ini Enam Manfaat Teh Peppermint. Foto: Teh peppermint.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peppermint merupakan tanaman mint hibrida yang kerap digunakan oleh orang-orang Yunani, Roma, dan Mesir kuno sebagai obat tradisional. Karena memiliki rasa yang menyegarkan, peppermint juga kerap disajikan sebagai sajian teh, khususnya di cuaca panas.

Rasa menyegarkan dari teh peppermint ini berasal dari kandungan menthol di dalamnya. Kandungan ini memberikan rasa minty sekaligus dingin yang menyegarkan dan menenangkan. Oleh karena itu, teh peppermint digadang sebagai salah satu minuman yang cocok untuk dikonsumsi di cuaca panas.

Baca Juga

Di samping menyegarkan, teh peppermint juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan. Berikut ini adalah enam manfaat di antaranya, seperti dilansir GulfToday.

Membantu Pencernaan

Minyak aktif dalam peppermint, yaitu menthol, dikenal memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu pencernaan. Peppermint jua memiliki sifat adaptogenik yang dapat membantu menjaga keseimbangan di dalam tubuh.

Meringankan Sakit Kepala

Secangkir sajian teh peppermint dapat membantu meringankan rasa sakit kepala migrain dan membantu relaksasi. Manfaat ini juga berasal dari menthol. Untuk efek yang lebih menyembuhkan, peppermint sering kali dikombinasikan dengan rempah lain seperti lavender dan jahe.

Melawan Radikal Bebas

Teh peppermint diketahui memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat mengalami perkembangan dan pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Mengatasi Bau Mulut

Bukan tanpa alasan bila sebagian besar produk penyegar mulut memiliki kandungan peppermint. Sifat antibakteri dalam peppermint dapat membantu membersihkan plak yang dapat memicu terjadinya bau mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini dari sajian teh peppermint, coba minum teh ini di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Cara lainnya, teh peppermint dapat diminum setelah mengonsumsi makanan beraroma kuat seperti bawang putih atau bawang bombay.

Menurunkan Stres

Menyeruput teh peppermint merupakan salah satu opsi yang baik untuk meredakan stres atau kecemasan. Kandungan menthol di dalam teh peppermint bisa bekerja sebagai relaksan otot dan antispasmodik, sehingga orang yang meminumnya bisa dengan lebih mudah melupakan kecemasan.

Teh peppermint yang disajikan dalam kondisi hangat pun dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Hal ini memungkinkan tubuh untuk menurunkan inflamasi dan beristirahat. Sifat antiinflamasi dari teh peppermint juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga memungkinkan seseorang menjadi lebih rileks.

Merawat Kulit dan Rambut

Selain untuk diminum, teh peppermint ternyata dapat digunakan untuk keramas atau mencuci rambut. Penggunaan teh peppermint pada kepala bisa membantu mengatasi ketombe, mengurangi gatal, serta menenangkan kulit kepala yang kering. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, basahi dan cuci rambut dengan teh peppermint, lalu diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas.

Sifat menenangkan dari peppermint turut bermanfaat dalam mengurangi kemerahan terkait jerawat. Selain itu, sifat antiseptik dari peppermint dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat oleh kotoran. 

Sumber:

https://www.gulftoday.ae/lifestyle/2022/04/25/peppermint-tea-refreshing-option-for-your-summer-evenings

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement