Selasa 26 Apr 2022 18:39 WIB

Jumlah Kendaraan dari Jakarta ke Banyumas Naik 57 persen

Kendaraan didominasi kendaraan roda dua dan roda empat berpelat nomor luar kota.

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi
 Arus Mudik Lebaran (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Arus Mudik Lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Arus lalu lintas di Banyumas mulai meningkat hingga 57 persen sepekan menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan roda dua dan roda empat yang berpelat nomor luar kota.

"Dari arah Jakarta meningkat hingga 57 persen. Sampai pukul 00.00 WIB ada kenaikan arus kendaraan 57 persen dari hari-hari biasa yang berada di kisaran 10 ribuan kendaraan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Nur Hadi, Selasa (26/4/2022).

Menurut Agus, kenaikan kendaraan yang masuk Banyumas telah terjadi sejak Sabtu (23/4/2022), dengan jumlah kendaraan yang masuk ada hampir 19 ribu kendaraan, yang dicatat oleh titik pantau di pintu masuk Ajibarang mulai Ahad (24/4/2022).

Kenaikan jumlah kendaraan sejak Sabtu (23/4/20) diprediksi karena himbauan Pemerintah untuk mudik lebih awal. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 30 April hingga 1 Mei, sedangkan perkiraan puncak arus balik ada pada 7-8 Mei mendatang. 

Dalam pengamanan mudik, sebanyak 12 posko utama arus pengamanan mudik telah disiapkan dengan petugas dari tim gabungan Polri, TNI, dan Pemkab.

Dari 12 posko itu terdiri atas delapan pos pengamanan di perbatasan dan wilayah rawan kemacetan. Kemudian tiga posko pelayanan di Terminal Bulupitu Purwokerto, Stasiun Purwokerto, dan kawasan wisata Baturraden dan satu posko terpadu di Alun-alun Purwokerto.

Dengan turunnya status PPKM menjadi level 1 di Banyumas, tidak ada lagi pos penyekatan di perbatasan. Namun, untuk pelayanan mudik dan pengurai kemacetan.

"Fungsi pos mudik kali ini untuk pengamanan dan pelayanan. Kami juga menyediakan layanan vaksinasi untuk pemudik," kata Agus.

 

Berikut daftar 12 posko mudik 2022 di Kabupaten Banyumas:

 

1. Pos Alun-alun Purwokerto.

2. Pos Yan Terminal Bulupitu.

3. Pos Stasiun Purwokerto.

4. Pos Terminal Bawah Baturraden.

5. Pos Simpang 3 SPBU Ajibarang,

6. Pos Simpang Wangon,

7. Pos Simpang Rawalo,

8. Pos Simpang Buntu

9. Pos Simpang Sumpiuh,

10. Pos Pasar Patikraja

11. Pos Simpang Kaliori dan

12. Pos Sokaraja. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement