Selasa 26 Apr 2022 18:24 WIB

Kapolda DIY Pastikan Jalur Mudik Aman

Anggota Polda DIY nantinya bertugas membantu mengamankan mudik Lebaran.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kapolda Irjen Pol Asep Suhendar bersama Kadaop 6 menyerahkan bingkisan berupa sembako kepada petugas kebersihan, satpam, petugas pelumas wesel, masyarakat yang ada di sekitar stasiun, petugas boarding, dan petugas pemesanan.
Foto: Dokumen
Kapolda Irjen Pol Asep Suhendar bersama Kadaop 6 menyerahkan bingkisan berupa sembako kepada petugas kebersihan, satpam, petugas pelumas wesel, masyarakat yang ada di sekitar stasiun, petugas boarding, dan petugas pemesanan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar, melaksanakan pengecekan jalur mudik darat menggunakan kereta api. Pengecekan jalur mudik kali ini dimulai dari Stasiun Tugu dan berakhir di Stasiun Wates.

Pada kesempatan itu, Asep berharap, kegiatan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun ini bisa berjalan dengan lancar. Terkait itu, Asep memastikan jika jalur darat yang dilalui pemudik, salah satunya jalur kereta api, aman dan nyaman.

Apalagi, lanjut Asep, anggota-anggota Polda DIY nantinya yang bertugas membantu mengamankan mudik Lebaran 2022. Karenanya, ia menekankan, pengecekan ingin untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pemudik semua dalam melaksanakan mudiknya.

"Untuk pengecekan keamanan jalur kereta diprioritaskan kepada palang pintu perlintasan yang tidak berpenjaga karena perlintasan yang tidak dijaga rawan kecelakaan," kata Asep, Selasa (26/4/2022).

Meski begitu, ia mengingatkan, beberapa kerawanan sebenarnya dipengaruhi pula faktor perilaku masyarakat yang kurang hati-hati. Maka itu, Asep tetap mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati, apalagi jelang Lebaran yang akan lebih ramai.

Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Iwan Eka Putra menuturkan, pihaknya sebelumnya telah pula melaksanakan pengecekan jalur kereta api. Mulai dari kondisi rel, lokasi perlintasan sampai kepada kondisi palang-palang pintu.

Iwan menekankan, pada Angkutan Lebaran kali ini KAI sebagai salah satu moda transportasi nasional dalam mudik Lebaran harus memastikan perjalanan mudik berlangsung aman dan lancar. Posko Angkutan Lebaran telah dimulai dibuka.

Posko Angkutan Lebaran telah ditetapkan dimulai sejak H-10 atau 22 April 2022 sampai H+10 atau 13 Mei 2022. Pemerintah menetapkan masa cuti Lebaran untuk Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022.

"Daop 6 mengoperasikan 24 perjalanan KA jarak jauh dan menyediakan 200 ribu lebih tempat duduk. Daop 6 menyiagakan 1.300 pekerja, 126 personel Polsuska dan 206 keamanan, dan perbantuan TNI/Polri dan petugas posko pegawai Daop 6," ujar Iwan.

Selain mengecek kesiapan, Kapolda bersama Kadaop 6 menyerahkan bingkisan berupa sembako. Diserahkan kepada petugas kebersihan, satpam, petugas pelumas wesel, masyarakat yang ada di sekitar stasiun, petugas boarding, dan petugas pemesanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement