Selasa 26 Apr 2022 17:57 WIB

Tarif Paket Umroh Melonjak Saat Ramadhan

Umroh saat Ramadhan snagat diminati jamaah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Tarif Paket Umroh Melonjak Saat Ramadhan
Foto: republika.co.id
Tarif Paket Umroh Melonjak Saat Ramadhan

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Operator perjalanan umroh di Riyadh, Arab Saudi menggandakan harga paket wisata haji dari harga reguler 110 riyal atau setara Rp 423,6 ribu menjadi 200 riyal atau setara Rp 770 ribu untuk setiap orang.

Harga ini akan meningkat tiga kali lipat untuk mengantisipasi kesibukan yang tinggi selama Ramadhan. Harga paket akan meningkat menjadi 300 riyal atau setara Rp 1,1 juta selama Qiyam Al-Layl, yakni sepuluh hari terakhir bulan suci.

Baca Juga

“Serbuan besar terjadi di bulan suci Ramadhan karena sebagian besar orang ingin menghabiskan hari-hari ini di kota-kota suci Makkah dan Madinah”, ucap salah satu operator umroh ternama di Riyadh, dilansir Arab News, Ahad (24/4/2022).

Kenaikan harga paket ini karena ramainya jamaah selama Ramadhan. Mereka juga menyebut kenaikan PPN menjadi 15 persen menjadi salah satu penyebab melonjaknya harga tahun ini.

 

Harga paket umroh naik setiap tahun selama bulan Ramadhan. Sebelum pandemi corona naik hingga 200 riyal atau setara Rp 770 ribu hingga 2019. Serbuan masuknya jamaah tertahan pada 2020 dan 2021 karena pembatasan Covid-19.

Tetapi, setelah semuanya kembali normal, tarif paket umroh melonjak menjadi 300 riyal atau setara Rp 1,1 juta. Jamaah umum dan umroh kembali ke halaman Masjidil Haram di Makkah dalam kapasitas penuh bulan lalu setelah otoritas Arab Saudi mengumumkan pencabutan tindakan pencegahan Covid-19.

Kepresidenan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengaktifkan kembali rencana operasionalnya untuk ibadah berkapasitas penuh, dengan tim lapangannya menghapus stiker jarak sosial. Persiapan yang dilakukan oleh Kepresidenan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ini dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan.

Anggota fakultas di Universitas King Saud yang pergi umroh bersama keluarganya, Mohammed Wakil Ahmed, Kamis (21/4/2022), mengatakan operator perjalanan sekarang mengenakan biaya 200 riyal per orang untuk perjalanan umroh Kamis hingga Sabtu. "Sebelum Ramadhan harganya 100 hingga 110 riyal," katanya.

Paket akhir pekan untuk perjalanan ke Makkah dan Madinah dimulai pukul 16.00, dari Riyadh pada Kamis dan selesai pada tengah malam pada Sabtu. Ia menambahkan, setiap keluarga diberikan kamar yang luas. Pria lajang harus berbagi kamar dengan tiga jamaah haji lainnya.

Ada sekitar 100 travel umroh yang tersebar di seluruh ibu kota, dengan fokus di distrik Hai Al-Wizarat dan Batha. Arab News mendatangi berbagai tour operator untuk mengecek harga paket umroh.

Anwar Badr Travel menagih 250 riyal atau setara Rp 961 ribu untuk perjalanan minggu lalu dan 300 riyal untuk minggu ini. Al-Saria mengatakan mereka menagih 230 riyal atau setara Rp 884 ribu untuk minggu lalu dan 280 riyal atau setara Rp 1,07 juta hingga 300 riyal untuk minggu ini.

Al-Jiad travel mengatakan mereka menagih 230 riyal untuk perjalanan akhir pekan minggu lalu dan 280 riyal untuk minggu ini. Sementara agen perjalanan Al-Rushd mengenakan 250 riyal atau setara Rp 961 ribu untuk minggu lalu dan 300 riyal untuk minggu ini.

Tarif cenderung tidak berbeda jauh di antara operator tur umroh di Riyadh. Bus berangkat dari distrik Hai Al-Wizarat dan Batha dengan pemberhentian di terminal bus pusat sehingga pihak berwenang dapat menghitung jumlah peziarah.

Selama perjalanan, bus berhenti di tiga titik untuk sholat Magrib, sholat Isya, dan makan malam. Peziarah berganti pakaian ihram mereka di Meeqat di Taif, di mana mereka diberikan waktu setengah jam untuk mengenakan ihram di titik Meeqat. Mereka dapat melakukan sholat Subuh di kota suci Makkah.

Ada banyak masjid, gerai makanan, dan butik di sepanjang rute dari Riyadh ke Makkah. Penerbangan dari Riyadh ke Jeddah juga terisi. Menurut perusahaan tiket pesawat terkemuka di Riyadh, harga tiket pesawat juga melonjak dan berkisar antara Rp 5,7 juta hingga Rp 7,7 juta. Ada tiket yang relatif lebih murah untuk waktu yang acak, tetapi mereka juga akan berharga sekitar Rp 3,8 juta.

https://www.arabnews.com/node/2069226/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement