Selasa 26 Apr 2022 17:31 WIB

Empat Destinasi Wisata Baru Banyumas akan Masuk Rute Bus Wisata Gratis

Ada dua alternatif rute yang akan diberlakukan.

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi
Obyek wisata baru Menara Pandang Purwokerto di Jalan Bung Karno.
Foto: Republika/Idealisa masyrafina
Obyek wisata baru Menara Pandang Purwokerto di Jalan Bung Karno.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan membuka empat destinasi wisata baru jelang Lebaran Idul Fitri 2022. Nantinya empat objek wisata baru ini akan dapat dikunjungi oleh para wisatawan menggunakan bus wisata gratis.

Keempat destinasi wisata baru yang akan segera dibuka terdiri atas Menara Pandang Indraprana Baturraden, Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto, Menara Pandang Purwokerto, dan Madhang Maning Park Purwokerto. Menara Pandang Purwokerto dan Madhang Maning Park berada di Jalan Bung Karno.

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Taryono menjelaskan, saat ini ada lima armada bus untuk empat titik keberangkatan yaitu Alun-Alun Banyumas, Baturraden, Taman Rakyat Andhang Pangrenan, dan Taman Pangsar Soedirman 1 bus. Sedangkan satu bus dijadikan sebagai cadangan.

Dengan bertambahnya objek wisata baru di Banyumas, maka bus wisata nantinya juga akan melewati destinasi wisata tersebut.

"Dengan pembukaan Jalan Bung Karno, dengan segala potensi wisata di dalamnya, Pak Bupati memang minta nanti rute bus wisata dihubungkan semua," kata Taryono kepada Republika, Selasa (26/4/2022).

Menurut Taryono, dimasukkannya destinasi wisata baru dalam rute bus wisata gratis kemungkinan baru akan dilakukan usai Lebaran. Ada dua alternatif rute yang akan diberlakukan. Pertama, empat bus sesuai dengan rute awal, kemudian bus cadangan dioperasikan untuk rute khusus di jalur wisata baru di kota seperti Taman Mas Kumambang dan wisata di Jalan Bung Karno.

Alternatif kedua, empat rute yang ada akan dievaluasi, dan satu bus tetap dijadikan sebagai armada cadangan. Untuk rute yang sudah melewati obyek wisata baru, nantinya akan dibuat tempat pemberhentiannya.

"Tapi sampai hari ini masih belum kami matangkan. Karena personil kami masih diperbantukan di posko pelayanan mudik dulu," jelas Taryono.

Akan tetapi, apabila Bupati menginginkan bus wisata beroperasi di obyek wisata baru saat Lebaran, kata Taryono, maka timnya tentu harus siap.

"Karena potensinya memang sangat besar selama masa lebaran, tentu kami harus siap juga," katanya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani sebelumnya mengatakan, keempat destinasi wisata baru tersebut nantinya dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata.

"Lokawisata Baturraden yang selama ini menjadi andalan Banyumas juga akan dikelola oleh BLUD Pariwisata," kata Asis beberapa waktu lalu.

Asis mengharapkan dengan adanya BLUD Pariwisata, strategi pemasaran dan pengelolaan sejumlah objek wisata di Banyumas akan lebih maksimal,  sehingga bisa mendukung upaya pemulihan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement