Masjid Ash Shomad Gelar Vaksinasi Booster Berhadiah Minyak Goreng

Red: Muhammad Fakhruddin

Selasa 26 Apr 2022 17:30 WIB

Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat  (YBMI) Sugiharjo dan Ketua DKM Masjid Ash Shomad Dr KH Marzuki memantau pelaksanaan vaksinasi booster, Selasa (26/4/2022). Foto: Muhammad Fakhruddin Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat (YBMI) Sugiharjo dan Ketua DKM Masjid Ash Shomad Dr KH Marzuki memantau pelaksanaan vaksinasi booster, Selasa (26/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ash Shomad menggelar vaksinasi Covid-19 booster (penguat) gratis pada Selasa (26/4/2022). Para jamaah dan warga antausias mengikuti vaksinasi karena mendapat hadiah minyak goreng. 

Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI) Sugiharjo mengatakan vaksin booster digelar selama 4 hari yakni tanggal 14, 22, 26, & 28 April 2022. Target peserta setiap hari vaksinasi adalah 200 orang. "Vaksinasi ini sangat diminati masyarakat karena mereka sangat butuh booster sebelum pulang mudik," kata Sugiharjo, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga

Dengan adanya vaksin booster, kata Sugiharjo, diharapkan perjalan mudiknya bisa lancar. "Lebih plus lagi vaksin di sini karena dapat bonus minyak goreng," ujar Sugiharjo. 

Menurut Sugiharjo, peserta vaksinasi juga selalu membludak setiap kegiatan dan tidak kekurangan orang. "Bahkan ada yang terpaksa kita tolak karena maksimalnya 200 orang per kegiatan," lanjutnya. 

Selain itu, lanjut Sugiharjo, dalam rangka mencegah Covid-19, Masjid Ash Shomad mengadakan program bersih-bersih 30 unit bangunan masjid dan mushola di seputar Kecamatan Panongan, Tangerang, Banten, sepanjang Ramadhan 2022.

"Bersih-bersih masjid ini dikerjakan oleh tim profesional sehingga semua bersih, bukan hanya lantai tapi tempat wudhu lancar semuanya," kata Sugiharjo saat pemberangkatan tim "Ash Shomad Bersih Masjidku". 

Sekaligus dalam kegiatan itu, Masjid Ash Shomad juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Karena di samping melibatkan cleaning service profesional, program besih-bersih masjid juga merekrut marbot masjid setempat dan masyarakat untuk membantu. Sehingga nanti dari kegiatannya kita bisa memberikan honor, lumayan untuk membeli 'ketupat' Lebaran," ujar Sugiharjo. 

Dua kegiatan utama Masjid Ash Shomat ini sangat bermanfaat dan ini sejalan dengan kegiatan YBMI. Menurut Sugiharjo, pemberdayaan masyarakat di Masjid Ash Shomad ini berlangsung sejak masjid ini didirikan.

Masjid yang didirikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Ketua Pembina YBMI ini baru diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang. Masjid Ash Shomad telah menggelar sholat Jumat, sholat Tarawih, pembagian takjil, penyediaan air minum gratis, latihan stir mobil gratis, dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Nuzulul Quran.

Selama Ramadhan, Masjid Ash Shomad juga membagikan bantuan sembako untuk warga sekitar, ojek online, dan para musafir. Sembako Ramadhan 1443 H ini sumbangan dari Menhub Budi Karya dan Djan Farid. "Totalnya ada 2 ribu paket sembako, yang berisi beras, lauk pauk dll yang kira-kira senilai 300 ribu rupiah per paket," kata Sugiharjo.        

Ketua DKM Masjid Ash Shomad Dr KH Marzuki menambahkan kegiatan rutin selama Ramadhan juga telah dibagikan ratusan takjil gratis tiap harinya untuk berbuka puasa. Kemudian dilanjutkan dengan Sholat Tarawih dengan para penghafal Alquran. Malamnya dilanjutkan dengan qiamul lail. "Juga ada kegiatan Nuzulul Quran dan kajian lain yang terkait Ramadhan. Kegiatan keagamaan dan pelayanan terhadap umat juga akan berlanjut pasca-Ramadhan," kata Kiai Marzuki.