Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Dewas: Dirut Pertamina tak Kooperatif Soal Dugaan Gratifikasi Lili

Selasa 26 Apr 2022 13:34 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Indira Rezkisari

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (tengah). Ketidakhadiran Nicke membuat pengusutan dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli tertunda karena pengumpulan bahan dan keterangan dari pihak eksternal belum selesai.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (tengah). Ketidakhadiran Nicke membuat pengusutan dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli tertunda karena pengumpulan bahan dan keterangan dari pihak eksternal belum selesai.

Foto: Antara/Galih Pradipta
Dirut Pertamina tidak kunjung hadir untuk diklarifikasi dugaan gratifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menyebut Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati tidak kooperatif saat akan diperiksa terkait dugaan gratifikasi yang diterima Wakil Ketua, Lili Pintauli Siregar (LPS). Hal itu menghambat pemeriksaan dugaan pelanggaran etik Lili.

"Klarifikasi terhadap pihak Pertamina belum tuntas karena Dirut Pertamina tidak koperatif," kata Anggota Dewas Syamsuddin Haris di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, Nicke Widyawati sudah diundang untuk melakukan klarifikasi dan dijadwal ulang tetapi tetap tidak hadir. Dia melanjutkan, kondisi itu membuat pengusutan dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli tertunda karena pengumpulan bahan dan keterangan dari pihak eksternal belum selesai.

"Dewas berharap kerjasama Dirut Pertamina bisa bekerjsama dan bersikap koperatif dalam mengungkap dugaan pelanggaran etik yang dilakukan ibu LPS," katanya.

Seperti diketahui, Lili Pintauli Siregar kembali dilaporkan ke Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik. Mantan wakil ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) itu disebut-sebut menerima gratifikasi berupa fasilitas untuk menonton MotoGP Mandalika.

Lili diduga mendapatkan fasilitas menonton MotoGP per tanggal 18 sampai 20 Maret 2022 pada Grandstand Premium Zona A-Red. Selain itu, Lili juga diyakini mendapatkan fasilitas menginap di Amber Lombok Resort pada tanggal 16 Maret sampai 22 Maret 2022.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA