Selasa 26 Apr 2022 17:10 WIB

Microsoft Luncurkan Windows 11 ke 190 Ribu PC

Microsoft mendukung Windows 10 hingga Oktober 2025.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Menu start di windows 11
Foto: digitaltrends
Menu start di windows 11

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Microsoft telah memberikan rincian peluncuran Windows 11 ke 190 ribu PC di seluruh dunia. Angka ini menunjukkan penyebaran tercepat dari sistem operasi baru dalam sejarah perusahaan. Peluncuran tersebut memakan waktu hanya lima pekan yang dimulai pada 7 Oktober 2021.

Sistem operasi baru memiliki persyaratan perangkat keras minimum yang ketat seperti, chipset Trusted Platform Module 2.0 yang tidak ada di PC lama. “Windows 11 memiliki persyaratan perangkat keras tertentu dan persentase perangkat kami tidak ditingkatkan. Karyawan dengan perangkat ini akan terus menjalankan Windows 10 secara paralel dan mendapatkan perangkat Windows 11 pada pembaruan perangkat berikutnya,” kata Lukas Velush dari Microsoft dalam sebuah postingan blog.

Baca Juga

Microsoft menggunakan alatnya sendiri untuk mendukung pemutakhiran internal, termasuk layanan Kepatuhan Pembaruan Azure yang dikombinasikan dengan fitur analitik Endpoint Manager Microsoft Endpoint untuk mengidentifikasi perangkat yang memenuhi dan tidak memenuhi spesifikasi minimum.

Microsoft tidak mengatakan berapa persentase perangkatnya yang tidak memenuhi persyaratan minimum. Namun, perusahaan menyatakan 190 ribu perangkat dianggap memenuhi syarat berdasarkan persyaratan perangkat keras dan peran. Bagi perangkat yang sudah memenuhi spesifikasi, peluncuran Windows 11 akan berjalan sangat sukses.

Dikutip ZDNet, Selasa (26/4/2022), Microsoft mendukung Windows 10 hingga Oktober 2025. Pada saat itu, perusahaan mengharapkan sebagian besar pelanggan memiliki perangkat keras yang diperbarui dan siap untuk Windows 11.

Microsoft mengakui beberapa perangkat mungkin mengalami masalah dengan Windows 11, termasuk setelah dianggap memenuhi syarat untuk peningkatan. Oleh karena itu, perusahaan menggunakan dukungan bawaan Windows 11 untuk memutar kembali ke Windows 10. Periode auto-rollback default adalah sepuluh hari setelah instalasi.

Microsoft menggunakan Pembaruan Windows untuk Bisnis untuk mengotomatiskan penerapan Windows 11 serta melacak dan menangani pengecualian, penyisihan, dan pembatalan. Itu juga memungkinkan karyawan untuk menjadwalkan pemutakhiran Windows 11 terjadi dalam semalam atau selama akhir pekan.

Semua penerapan sistem baru yang besar menuntut perhatian pada proses manajemen perubahan. Microsoft merekomendasikan untuk mengomunikasikan manfaat Windows 11 kepada karyawan. Pengalaman Karyawan Digital Microsoft mengomunikasikan penerapan melalui beranda internal, tanda digital, FAQ di SharePoint, email, Teams, dan Yammer.

Materi utama yang digunakan termasuk fitur Windows baru, seperti dukungan Zero Trust, kemampuan untuk menjadwalkan peningkatan pada waktu yang nyaman bagi karyawan, fakta Windows 11 dapat diinstal dan dijalankan dalam waktu 20 menit, dan persyaratan baru yang terkait dengan Windows 11.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement