Selasa 26 Apr 2022 16:15 WIB

Mengkhawatirkan, Diskriminasi Terhadap Muslim Amerika Naik pada 2021

Islamofobia bersifat struktural dan mendalam di masyarakat Amerika.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Amerika keturunan Mesir, Dina Sayedahmed berswafoto menjelang berbuka puasa di kediamannya di Bayonne, New Jersey, AS. Mengkhawatirkan, Diskriminasi Terhadap Muslim Amerika Naik pada 2021
Foto: Amr Alfiky/Reuters
Muslim Amerika keturunan Mesir, Dina Sayedahmed berswafoto menjelang berbuka puasa di kediamannya di Bayonne, New Jersey, AS. Mengkhawatirkan, Diskriminasi Terhadap Muslim Amerika Naik pada 2021

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah laporan yang dirilis oleh kelompok advokasi dan hak-hak sipil Muslim, Senin (25/4/2022), menyebutkan diskriminasi terhadap Muslim di AS meningkat sembilan persen pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Laporan tersebut berjudul Still Suspect: The Impact of Structural Islamophobia

.

Baca Juga

Menurut Pejabat dari Council on American-Islamic Relations (CAIR), ia menerima 6.720 pengaduan secara nasional tahun lalu yang melibatkan berbagai masalah termasuk imigrasi, diskriminasi perjalanan, penegakan hukum dan penjangkauan pemerintah, insiden kebencian dan bias, hak asuh, insiden sekolah, dan insiden kebebasan berbicara.

"Ini merupakan jumlah kasus tertinggi yang dilaporkan ke CAIR dalam 27 tahun. Tonggak sejarah ini mengkhawatirkan," kata Direktur Eksekutif Nasional CAIR Nihad Awad dalam konferensi pers, dilansir di Anadolu Agency, Selasa (26/4/2022).

 

Awad mencatat, berdasarkan temuan, Islamofobia bersifat struktural dan mendalam di masyarakat.

"Islamofobia telah menjadi arus utama di Amerika. Itu masuk ke lembaga pemerintah dan ruang publik melalui undang-undang, kebijakan, retorika politik, dan manifestasi lainnya," tambahnya.

Dalam perincian, kelompok tersebut menerima 2.823 pengaduan imigrasi dan terkait perjalanan, 745 pengaduan diskriminasi tempat kerja, 553 pengaduan penolakan akomodasi publik, 679 pengaduan penegakan hukum dan pemerintah, 308 pengaduan terkait insiden kebencian dan bias, 278 pengaduan tentang hak penahanan, 177 pengaduan insiden sekolah, 56 pengaduan anti BDS dan 1.101 pengaduan umum.

Laporan tersebut menemukan ada peningkatan 55 persen dalam penegakan hukum dan pengaduan pemerintah yang berlebihan pada 2021, sementara ada peningkatan 28 persen dalam insiden kebencian dan bias yang mencakup pelepasan paksa jilbab, atau jilbab Muslim, pelecehan, vandalisme dan serangan fisik.

Awad yakin pemerintah AS dapat menjadi bagian dari solusi dalam mengekang Islamofobia. "Kami mendesak Kongres hari ini untuk mengadopsi undang-undang yang membuat pendanaan federal untuk lembaga penegak hukum lokal bergantung pada lembaga-lembaga yang mendokumentasikan dan melaporkan kejahatan rasial ke database nasional FBI. Ini akan menawarkan insentif bagi penegak hukum lokal untuk menganggap serius ancaman Islamofobia," katanya.

https://www.aa.com.tr/en/americas/discrimination-against-muslim-americans-rose-by-9-in-2021-report/2572909

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement