Senin 02 May 2022 04:25 WIB

5 Manfaat Sehat Wortel dan Cara Tepat Menyantapnya

Wortel memiliki kandungan gizi yang baik bagi mata hingga jantung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Wortel memiliki kandungan gizi yang baik bagi mata hingga jantung.
Foto: Pxhere
Wortel memiliki kandungan gizi yang baik bagi mata hingga jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wortel merupakan sayuran renyah dengan sedikit rasa manis yang sangat cocok dicampurkan dalam berbagai hidangan. Meski memiliki ukuran yang tak begitu besar, ada cukup banyak manfaat kesehatan yang tersimpan di dalam wortel.

"Wortel adalah sayuran akar, umumnya berwarna oranye, namun ada pula wortel berwarna ungu, hitam, merah, putih, dan kuning," ujar ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Grace Derocha RDN CDCES MBA, seperti dilansir Parade Magazine, Senin (2/5/2022).

Baca Juga

Warna-warna yang berbeda ini menunjukkan kadar karotenoid dan antosianin yang berbeda di dalam wortel. Baik karotenoid maupun antosianin merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Wortel oranye memiliki kandungan beta karoten yang lebih tinggi. Wortel kuning mengandung beta karoten dan juga lutein. Lutein diketahui baik untuk kesehatan mata.

 

Wortel merah mengandung biotin, serat, kalium, vitamin K, vitamin B6, vitamin C, likopen, dan mineral molybdenum. Wortel ungu diketahui lebih banyak mengandung antosianin. Sedangkan wortel putih dikenal mengandung serat dan fitokimia yang bekerja bersama zat gizi untuk membantu tubuh bertahan melawan penyakit.

Derocha mengatakan setengah cangkir wortel bisa memenuhi sekitar 73 persen kebutuhan vitamin A harian. Wortel juga tinggi akan kandungan air dan memiliki kalori yang cukup rendah, yaitu 25 kalori untuk satu cangkir wortel.

Setidaknya ada lima manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari wortel. Berikut ini adalah kelima manfaat tersebut.

Manfaat untuk Mata

Wortel telah dikenal luas sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata. Beta karoten dari wortel bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Beta karoten juga membantu melindungi mata dari paparan sinar matahari dan bisa menurunkan kemungkinan terjadinya katarak atau masalah mata lain.

Manfaat untuk Diabetes

Kadar karotenoid yang rendah berkaitan dengan kadar glukosa darah dan insulin yang lebih tinggi. Asupan karotenoid, termasuk dari wortel, tampak dapat membantu menurunkan tingkat keparahan resistensi insulin. Resistensi insulin diketahui berkaitan erat dengan kejadian diabetes.

Manfaat untuk Risiko Kanker

Antioksidan memililiki peran penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini bisa membantu menurunkan kemungkinan terjadinya kanker. Wortel dikenal memiliki dua antioksidan utama yaitu karotenoid dan antosianin.

Manfaat untuk Kulit

Vitamin A dalam wortel dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Selain itu, wortel juga memiliki sifat antikarsinogen.

Manfaat untuk Jantung

Sema antioksidan baik untuk jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Di samping itu, kalium dalam wortel bisa membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

 

Cara Terbaik Menyantap Wortel

Bila ingin mengonsumsi wortel dengan cara yang sehat, masak wortel terlebih dahulu sebelum menyantapnya. Selain itu, masa wortel dalam bentuk utuh, tidak dipotong-potong. Kandungan gizi pada wortel yang dimasak dalam bentuk sudah terpotong-potong tampak menurun sekitar 25 persen.

Studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa wortel bisa memberikan lebih banyak antioksidan bila dimakan setelah direbus atau dikukus dibandingkan dimakan dalam keadaan mentah. Peneliti mengungkapkan bahwa wortel yang direbus sampai lembut memiliki konsentrasi karotenoid 14 persen lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement