Senin 25 Apr 2022 17:29 WIB

Qaryat Al-Faw, Ibu Kota Pertama Kerajaan Arabia Tengah

Qaryat Al-Faw, Ibu Kota Pertama Kerajaan Arabia Tengah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Qaryat Al-Faw, Ibu Kota Pertama Kerajaan Arabia Tengah
Foto: arab news
Qaryat Al-Faw, Ibu Kota Pertama Kerajaan Arabia Tengah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Qaryat Al-Faw merupakan ibu kota pertama kerajaan Kindite. Wilayah ini menjadi saksi pembentukan beberapa peradaban kuno, dengan sejumlah besar makam yang menggambarkan kehadiran dan perjalanan mereka.

Ada tiga jenis kuburan yang dapat dibedakan di Al-Faw. Yang pertama terletak di tepi barat kota dan terdiri dari pemakaman keluarga kolektif milik orang-orang dengan status politik dan sosial yang tinggi di kota.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Senin (25/4/2022), makam tersebut memiliki kedalaman 5 meter, lebar 1 meter dan panjang 6 meter dari utara ke selatan. Ada lubang di dinding timur dan barat, di mana seseorang bisa meletakkan kakinya untuk masuk atau keluar dari makam.

Selain itu, ada empat pintu di keempat sisinya. Tiga dari pintu ini mengarah ke gua yang diukir dalam bentuk bulat, sedangkan pintu barat mengarah ke sebuah ruangan yang dibangun dengan plester putih dan ruang bawah di ujung utara yang berisi lubang berisi barang-barang berharga milik almarhum.

 

Tipe kedua terdiri dari kuburan para bangsawan, di mana makam terdiri dari kamar timur dan barat dengan parit di tengahnya sedalam tiga setengah meter, dengan lubang di sisi timur dan barat untuk jalur keluar-masuk orang-orang.

Jenis kuburan ketiga adalah milik orang-orang biasa dari berbagai kerajaan. Mereka terletak di timur laut kota, di tepi lembah barat di area plester yang terletak di utara pasar. Pemakamannya sangat mirip dengan kuburan Islam.

Makam-makam ini terdiri dari parit tidak beraturan dan tidak diplester sepanjang 1 sampai 5 meter dan diakhiri dengan kuburan yang ditutup dengan papan tanah liat kecil, mirip dengan yang digunakan pada bangunan desa. Ekskavator menemukan beberapa guci di antara yang mati saat membukanya.

Al-Faw dianggap sebagai salah satu situs arkeologi terpenting di Jazirah Arab. Kehadirannya membanggakan kepentingan khususnya, mengingat lokasi geografisnya sebagai pusat komersial dan persimpangan jalan untuk karavan sarat dengan mineral, biji-bijian dan tenun.

Lokasi ini juga menjadi titik transit utama bagi kafilah yang datang dari kerajaan Sheba, Ma'in, Qataban, Hadhramout dan Himyar, dalam perjalanan mereka ke Najran, Al-Faw kemudian ke Al-Aflaj dan Yamamah, sebelum menuju timur ke teluk dan utara ke Mesopotamia dan Suriah.

Makam tersebut dapat ditemukan sekitar 150 km dari markas gubernur Wadi Al-Dawasir dari tenggara, khususnya di daerah di mana Wadi Al-Dawasir tumpang tindih dengan Pegunungan Tuwaiq di daerah yang disebut "Al-Faw". 

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2065221/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement