Senin 25 Apr 2022 14:46 WIB

India Lanjutkan Upaya Misi Pendaratan di Bulan

Pendarat pada misi Chandrayaan 2 pada 2019 gagal mendarat di Bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Ilmuwan Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) mengerjakan kendaraan pengorbit Vikram untuk misi Chandrayaan 2. Misi itu diluncurkan pada 2019, sayangnya pendarat Vikram gagal mendarat dengan mulus.
Foto: EPA-EFE/JAGADEESH NV
Ilmuwan Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) mengerjakan kendaraan pengorbit Vikram untuk misi Chandrayaan 2. Misi itu diluncurkan pada 2019, sayangnya pendarat Vikram gagal mendarat dengan mulus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- India kembali melanjutkan upaya pekerjaan pendaratan di Bulan. Menurut kepala badan antariksa negara India, upaya kedua negara itu untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa di bulan kemungkinan akan didorong hingga 2023.

Ketua Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) S. Somanath, mengatakan kepada saluran berita India NewsX bahwa pendarat bulan Chandrayaan 3 sedang dalam tahap perakitan. Tim masih menguji sistem vital, yang berarti peluncuran, yang sebelumnya dijadwalkan pada Agustus, bisa ditunda sampai tahun depan.

Baca Juga

“Saat ini, kami sedang menguji sistem propulsi karena, Anda tahu, terakhir kali kami memiliki masalah dengan itu,” kata Somanath, dilansir dari Space, Senin (25/4/2022).

Komentar itu merujuk pada misi Chandrayaan 2 2019, yang mencakup pengorbit, pendarat, dan penjelajah. Pengorbit bulan telah beroperasi dengan sukses selama lebih dari dua tahun, tetapi pendarat Vikram mengalami pendaratan keras setelah kehilangan kendali atas daya dorong pesawat ruang angkasa.

Untuk menghindari kejadian serupa dengan Chandrayaan 3, ISRO telah melakukan penyesuaian pada pendarat. “Ada perubahan dalam sistem propulsi. Kami sedang menjalani pengujian di pusat propulsi cair di Mahendragiri,” kata Somanath. 

Meskipun data dari pengujian sangat baik, ISRO berjalan dengan hati-hati. “Kami ingin pergi dengan sangat, sangat hati-hati kali ini, karena kami tahu bagaimana pergi ke bulan,” kata Somanath.

Misi Chandrayaan 3 mencakup pendarat baru dan penjelajah tetapi bukan pengorbit. Mirip dengan Chandrayaan 2, misi ini diharapkan menargetkan area pendaratan dekat kutub, dan akan beroperasi selama satu hari lunar (14 hari Bumi) di permukaan. Pendarat itu tidak akan mampu bertahan dari dinginnya malam bulan yang ekstrem.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement