Senin 25 Apr 2022 08:32 WIB

Pramuka Banyumas Siapkan 15 Posko Lebaran

Kegiatan APPKBL 2022 akan berlangsung pada 26 April-8 Mei 2022,

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi
Pramuka (ilustrasi)
Foto: dok. Republika
Pramuka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Kwartir Cabang Banyumas melalui Bidang Pengabdian Masyarakat akan mendirikan 15 Posko Karya Bakti Lebaran di beberapa titik di wilayah Kabupaten Banyumas.

Kepastian tersebut didasarkan pada Rapat Koordinasi Ceking Akhir Persiapan Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran 2022 (APPKBL 2022) Sabtu (23/4/2022) di Sanggar Baktinya.

Sekretaris Bidang Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Chandra mengatakan sedikitnya 750 anggota Pramuka telah menyatakan kesiapannya dalam kegiatan ini.

"Mereka akan bertugas membantu pengaturan arus lalu lintas untuk arus mudik dan balik, penyeberangan pengguna pasar Tradisional, menjaga ketertiban di pasar, pemantauan arus mudik, pengamanan perlintasan kereta api, pelayanan pada lokasi wisata dan Personil Siaga SAR," jelas Ady Chandra, Ahad (24/4/2022).

 

Menindaklanjuti Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Gerakan Nasional Karya Bakti Pramuka, Kwartir Cabang Banyumas menyatakan siap menyukseskan kegiatan tersebut.

Kwarcab menyiapkan 15 Pos Karya Bakti Lebaran yaitu 1 Pos Induk di Kwarcab dan 14 Pos APPKBL yaitu Kwarran Pekuncen, Gumelar, Lumbir, Ajibarang, Cilongok, Purwokerto Barat, Purwokerto Utara, Sumbang, Sokaraja, Banyumas, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen dan Kebasen, sedangkan Purwokerto Selatan dan SAKA Bhayangkara ikut di Posko Induk.

Ady berharap agar para Ketua Kwartir Ranting ikut memantau dan mendukung adik-adik yang bertugas tanpa pamrih dengan suka dan rela melaksanakan tugas mulia di sela-sela liburan, di saat bulan ramadhan. "Kehadiran Pramuka dewasa mendampingi anggota muda sebagai motivasi dan merupakan salah satu bentuk Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan," katanya menambahkan.

Kegiatan APPKBL 2022 akan berlangsung pada 26 April-8 Mei 2022, yang ditandai dengan Apel Gelar Pasukan pada hari Selasa, 26 April 2022.

"Tim Monitoring Kwarda Jateng diagendakan masuk di Kabupaten Banyumas pada tanggal 29 April 2022, sedangkan Tim Monitoring Kwarcab Banyumas akan melakukan Monitoring ke Pos APPKBL KWARRAN pada tanggal 28 April 2022," kata Ady.

Pada Rakor tersebut juga telah ditunjuk delapan orang Perwakilan dari Pos APPKBL Kwarran mewakili Kwarcab Banyumas untuk bergabung menjadi Tim Reportase Kwartir Nasional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement