Senin 25 Apr 2022 08:16 WIB

Pesantren Ramadhan Misykat semakin Memikat di Ramadhan 1443 H 

Total sembilan masjid menjadi  mitra  Misykat dalam Pesantren Ramadhan 1443H ini.

Lembaga Pengembangan Pelajar Berkarakter MISYKAT   menggelar Pesantren Ramadhan 1443 H yang melibatkan sembilan masjid di Bekasi dan sekitarnya sebagai mitra.
Foto: Dok Misykat
Lembaga Pengembangan Pelajar Berkarakter MISYKAT menggelar Pesantren Ramadhan 1443 H yang melibatkan sembilan masjid di Bekasi dan sekitarnya sebagai mitra.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Pada Ahad 24 April atau bertepatan dengan 23 Ramadhan 1443 H,  genap sudah kegiatan Roadshow Lembaga Pengembangan Pelajar Berkarakter MISYKAT mendampingi para remaja masjid di Jabodetabek menjalani hari-hari indah Ramadhan dalam rangkaian Pesantren Ramadhan. Total sembilan masjid di Bekasi dan sekitarnya menjadi  mitra  Misykat dalam Ramadhan 1443H ini. Ini adalah yang terbanyak sejak Misykat berdiri tujuh  tahun lalu. Tahun ini, Pesantren Ramadhan Misykat dinilai makin memikat.

Ustadz Agusriwarman  SE  MPd  selaku direktur Misykat mengatakan, Ramadhan tahun ini pihaknya  menyusun materi dengan konsep agar remaja bisa kembali ke masjid dan membidik  setiap masjid agar terbentuk remaja masjidnya. Dengan  demikian, di masa mendatang masjid dikelola oleh para pemuda yang kreatif dan juga saleh.  “Sehingga,  masjid bukan saja menjadi tempat beribadah tapi juga sumber inspirasi masyarakat dimana lingkungan terbaik bisa tumbuh, seperti di zaman awal awal pertumbuhan Islam,” kata Utadz Agusriwarman seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Dalam rangkaian pesantren Ramadhan 1443H ini, Misykat membagi dua kategori pengelolaan remaja masjid. Kategori pertama anak usia sekolah dasar, dan kategori kedua adalah remaja SMP-SMA. Materi yang disampaikan  untuk tiap kategori berbeda.  Untuk usia SD, Misykat menyajikan dinamika kelompok, kisah teladan Islam, mentoring keislaman, menghafal Quran, eksperimen sains dan juga menghafal surat pilihan. 

“Konsepnya lebih kepada fun agar anak-anak dapat menikmati keceriaan ramadhan mereka yang sempat direnggut oleh pandemi selama 2 tahun belakangan,”  tutur Ustadz Agus. 

photo
Ustadz Agusriwarman SE MPd selaku direktur Lembaga Pengembangan Pelajar Berkarakter MISYKAT.  (Foto: Dok Misykat)

Ia menambahkan, “Adapun kategori remaja kami mengedepankan bagaimana public speaking, diskusi kasus remaja Islam, materi khazanah sejarah Islam di berbagai negara, dan juga tentang orang-orang besar yang terlahir dari rahim masjid,” lanjutnya

Ustadz Lulut sebagai  DKM Masjid Nurul Huda komplek Danamon-Jati Asih di Kota Bekasi menuturkan kumpulan guru-guru hebat dari Misykat ini mampu memberi daya ubah dalam duz  hari pada lingkungan masjid yang dipimpinnya.  “Alhamdulillah kegiatan di masjid ini berjalan lancar.  Ditambah lagi dengan kegiatan memanah, outbound dan senam pagi.  Melihat anak-anak dan remaja sibuk di masjid ini membuat kami DKM sangat bangga,” ujarnya. 

Ustadz Mustari selaku penjamin mutu materi Misykat dalam kegiatan Ramadhan 1443 H ini, mengatakan,  insya  Allah selepas Ramadhan ini pihaknya akan terus bergerak lebih luas dengan mengumpulkan remaja-remaja Islam di satu lokasi untuk membangun semangat mereka membentuk remaja masjid di tiap masjid. “Ini menjadi penting bagi Misykat karena menuju delapan  tahun Misykat setidaknya target delapan  remaja masjid di tiap masjid sudah berdiri dengan tegak,” pungkasnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement