Senin 25 Apr 2022 11:52 WIB

NASA Buat Rencana Perbaiki Masalah di Pesawat Ruang Angkasa Lucy  

Pesawat Lucy melakukan perjalanan ruang angkasa menuju asteroid trojan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Teknisi memeriksa array surya dari pesawat Lucy.
Foto: NASA/Lockheed Martin.
Teknisi memeriksa array surya dari pesawat Lucy.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pesawat ruang angkasa Lucy milik Badan Antariksa Amerika (NASA) telah melakukan perjalanan melalui ruang angkasa. Pesawat ini memiliki misi untuk mengunjungi asteroid Trojan sejak diluncurkan pada Oktober 2021 lalu. Namun, tim harus menghadapi masalah yang tidak terduga dengan wahana tersebut.

Dilansir dari Digital Trends, Senin (25/4/2022), masalahnya ada di salah satu dari dua array surya Lucy. Susunan modul surya ini perlu dilipat untuk peluncuran sehingga pesawat ruang angkasa bisa muat di dalam kendaraan peluncurannya. Array dikerahkan dengan membuka, seperti kipas, menjadi dua bentuk bulat yang khas yang kemudian harus dikunci pada tempatnya.

Baca Juga

Namun, satu panel gagal mengunci dengan benar setelah ditempatkan pada 17 Oktober 2021. Array tersebut hampir sepenuhnya dikerahkan dan masih mampu menyediakan energi matahari ke pesawat ruang angkasa, namun tidak terpasang pada tempatnya sebagaimana mestinya. Tim misi memilih untuk melanjutkan pesawat memasuki mode jelajah seperti yang direncanakan karena gabungan dua susunan menghasilkan daya yang cukup untuk menjalankan misi.

Namun, sekarang, NASA ingin mencoba mengunci susunan di tempatnya sekali lagi. Insinyur di lapangan telah melakukan tes dan melihat data dari pesawat ruang angkasa dan telah menyimpulkan bahwa susunan tersebut terbuka untuk 345 dari 360 derajat dan masih menghasilkan daya yang cukup. Sayangnya, ada kekhawatiran bahwa jika dan ketika pesawat ruang angkasa menembakkan mesin utamanya, array surya yang tidak terkunci bisa rusak.

Dalam pembaruan baru-baru ini, NASA mengatakan bahwa pada Senin, 18 April 2022, tim memutuskan untuk terus mencoba memperbaiki array ke tempat yang semestinya. Untuk melakukan itu, mereka akan bekerja dengan motor yang mengontrol penyebaran array.

“Setelah peluncuran, susunan dibuka oleh motor kecil yang digulung dalam lanyard yang terpasang di kedua ujung array surya yang terlipat,” tulis NASA.

Tim memperkirakan bahwa 20 hingga 40 inci lanyard ini (dari total sekitar 290 inci) masih harus ditarik agar susunan terbuka dapat dikunci.

Susunan memiliki motor utama dan motor cadangan untuk penerapan ini, jadi para insinyur akan mencoba menggunakan kedua motor ini bersama-sama untuk menarik lanyard dan membiarkan array  menempel pada tempatnya. Pengujian menunjukkan bahwa torsi tambahan dari penggunaan kedua motor mungkin cukup untuk menarik lanyard dari hambatannya.

Menerapkan rencana ini akan membutuhkan dua langkah. Langkah pertama, yang dijadwalkan akan dimulai pada pekan 9 Mei, adalah menarik tali pengikatnya. Langkah ini memungkinkan tim untuk memeriksa apakah pesawat ruang angkasa berada dalam kondisi yang sama dengan pengujian di lapangan dan juga akan membantu memperkuat susunannya.

Langkah kedua, dijadwalkan sebulan setelah langkah pertama jika semuanya berjalan dengan baik, adalah menggunakan dua motor untuk mencoba menarik susunan ke tempatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement