Senin 25 Apr 2022 07:05 WIB

Ratusan Tempat Ibadah di Yogyakarta Diberikan Bantuan Prokes

Ratusan tempat ibadah di Yogyakarya diberikan bantuan protokol kesehatan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bilal Ramadhan
Pemeriksaan kesehatan warga sebelum vaksinasi Covid-19 di Mushola Al Hidayah, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Rabu (6/4/2022). Ratusan tempat ibadah di Yogyakarya diberikan bantuan protokol kesehatan.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemeriksaan kesehatan warga sebelum vaksinasi Covid-19 di Mushola Al Hidayah, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Rabu (6/4/2022). Ratusan tempat ibadah di Yogyakarya diberikan bantuan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ratusan tempat ibadah yang ada di Kota Yogyakarta diberikan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan (prokes). Bantuan tersebut diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam upaya pencegahan Covid-19 di Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

Hal ini mengingat kegiatan ibadah di tempat ibadah khususnya masjid meningkat dan tentunya juga berpotensi pada meningkatkan interaksi antar jamaah. Tidak hanya masjid, gereja juga diberikan bantuan sarana dan prasarana ini.

Baca Juga

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, bantuan yang diberikan berupa masker baik itu masker medis maupun masker kain. Selain itu, juga diberikan sabun cuci tangan dan hand sanitizer yang dapat digunakan oleh jamaah maupun pengelola tempat ibadah.

"Bantuan ini untuk seluruh tempat ibadah di Kota Yogya, yang terdiri dari 504 masjid, 47 gereja Kristen, dan 8 gereja Katolik," kata Heroe di Yogyakarta, Ahad (24/4).

Heroe juga meminta agar masyarakat melakukan vaksinasi booster atau dosis ketiga. Pihaknya juga gencar melakukan percepatan untuk booster mengingat mobilitas dan aktivitas masyarakat diprediksi meningkat, terutama pada masa mudik dan libur Lebaran nanti.

"Pemkot Yogya telah memperbanyak pelayanan vaksinasi massal, bahkan hingga membuka di kelurahan maupun di kemantren (kecamatan)," ujar Heroe.

Heroe juga sudah menyebut bahwa pihaknya akan menyediakan layanan vaksinasi booster untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Layanan vaksinasi booster selama libur Lebaran disediakan di Posko Penanganan Aduan dan Informasi.

Ada tiga posko yang didirikan selama libur Lebaran yakni di Malioboro, di Tugu Pal Putih dan di Titik Nol. "Wisatawan yang belum vaksin bisa disana," jelas Heroe.

Layanan vaksinasi disediakan mengingat perjalanan keluar daerah diharuskan sudah mendapatkan vaksin booster. Untuk kuota yang disediakan di tiap posko, katanya, juga tidak sama.

"Dosisnya tertentu, ada yang (disediakan) 200 (dosis per posko), tergantung," ujarnya.

Selain itu, layanan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). "Di puskesmas kita siapkan dan di beberapa rumah sakit juga (ada layanan booster)," tambah Heroe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement