Ramadhan Satukan Komunitas Agama di Evanton

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

 Senin 25 Apr 2022 03:55 WIB

Komunitas agama di Evanton. Foto: About Islam Komunitas agama di Evanton.

Komunitas agama di Evanton menggelar buka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID,  EVANTON -- Penasihat Ruma Ali, dari lingkungan Hamilton, bermitra dengan sekolah Judgemeadow di Evington menyelenggarakan jamuan buka puasa antaragama pada Selasa (19/4) malam. Para tamu dari berbagai agama dan organisasi diundang untuk makan malam bersama merayakan bulan suci Ramadhan.

Buka puasa, momen saat umat Islam menyantap makanan setelah matahari terbenam selama bulan Ramadhan, sering kali menjadi acara komunal. Bersama-sama, berbagai golongan masyarakat merayakan dan menyatukan komunitas.
 
Jumlah peserta malam itu luar biasa, sekitar 85 peserta dari berbagai kelompok, membuatnya menjadi hal yang tidak terlupakan. Tamu yang datang berasal dari komunitas Hindu, gereja keuskupan Inggris dan bahkan anggota Gurdwara, membuat penampilan khusus.
 
Lord Mayor, Deepak Bajaj dan High Sheriff Ian Mattioli adalah tamu terhormat malam itu. Kepala Polisi Sementara Rob Nixon menerima penghargaan pencapaian seumur hidup atas nama mendiang Kepala Polisi Simon Cole, yang meninggal tahun ini dengan penuh duka.
 
Polisi Leicestershire, layanan pemadam kebakaran dan ambulans semuanya ikut hadir, termasuk seorang anggota angkatan bersenjata. Direktur Pendidikan Orang Dewasa dan Direktur Pusat Komunitas Wesley Hall juga bergabung dalam perayaan tersebut.
 
"Agen-agen multi ini adalah bagian besar dari komunitas.  Mereka bekerja di komunitas, jadi sangat penting bagi mereka untuk ada di sana," ujar Ali dikutip di //LeicestershireLive//, Sabtu (23/4).
 
Ia menyebut keinginannya agar acara ini tidak hanya lintas agama, tapi juga antar dinas. Pihaknya ingin acara seperti ini bisa terus dilakukan setiap tahun.
 
Leicestershire Cares, yang melakukan banyak pekerjaan pengembangan masyarakat, menjadi sponsor acara tersebut. Tesco menyediakan minuman, sementara pengacara Bushra Ali secara sukarela memberikan hadiah untuk para tamu dan makanan pembuka dipasok oleh bisnis lokal, Elci Baba.
 
Coun Ali lantas berbicara tentang ketidakadilan baru-baru ini dan Islamofobia yang terjadi di Leicester. Baru-baru ini terjadi peningkatan kejahatan rasial terhadap Muslim di berbagai bagian kota dan banyak ketegangan agama.
 
"Ramadan adalah bulan suci Islam, tetapi kami ingin agama lain datang dan bergabung dengan kami. Buka puasa bersama mengingatkan kita bahwa kita hidup berdampingan. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul," lanjutnya.
 
Lebih lanjut, ia menyebut kegiatan buka bersama ini tentang membangun rasa hormat dan membangun persahabatan. Mencintai sesama tanpa memandang agama atau keyakinan. Semua hal ini tentang kemanusiaan dan memberi contoh bagi generasi muda. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X