Ahad 24 Apr 2022 22:03 WIB

Kepulangan Misi Antariksa Kru Axiom 1 Kembali Ditunda

Axiom atau Ax-1 adalah misi astronaut swasta menuju ISS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Kru Axiom-1 yang melakukan penelitian 10 hari di luar angkasa.
Foto: axiomspace
Kru Axiom-1 yang melakukan penelitian 10 hari di luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Undocking misi luar angkasa swasta pertama Badan Antariksa Amerika (NASA) Axiom 1 telah ditunda hingga Ahad (24/4/2022). Menurut NASA, tim NASA, Axiom Space, dan SpaceX memutuskan untuk tidak melakukan undock pada Sabtu (23/4/2022) karena cuaca berubah-ubah, dengan sedikit angin kencang di lokasi pendaratan oleh pesawat ruang angkasa di laut (splashdown).

Selama cuaca mulai membaik, kru akan menutup palka pada pukul 18.45 EST, Ahad (24/4/2022) atau pukul 06.45 WIB, Senin (25/4/2022) sebagai gantinya. Dari sana, mereka akan memulai perjalanan pulang mereka di SpaceX Dragon Endeavour.

Baca Juga

Mereka harus mendarat di lepas pantai Florida sekitar pukul 13.00 waktu setempat, Senin (25/4/2022).

Dilansir dari Mashable, Ahad (24/4/2022), misi Axiom atau Ax-1 adalah misi astronaut swasta menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang bisa menjadi langkah besar bagi Stasiun Axiom, yang bermaksud menjadi stasiun luar angkasa komersial pertama.

Itu tidak berarti ini pertama kalinya astronaut non-publik- atau bahkan warga negara- pergi ke luar angkasa. Ada entrepreneur Jeff Bezos, serta saudaranya Mark Bezos, dan beberapa remaja kaya.

Perjalanan ini mencakup empat orang kru Axiom yang akan bekerja dalam misi 10 hari, termasuk delapan hari bekerja dan tinggal di laboratorium yang mengorbit. Di antara kru adalah astronaut empat kali Michael Lopez-Alegria; investor dan pilot swasta Larry Conor; investor dan mantan pilot pesawat tempur di Angkatan Udara Israel Eytan Stibbe; serta investor dan astronaut swasta Mark Pathy.

Para kru melakukan lebih dari dua lusin eksperimen saat mereka berada di stasiun luar angkasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement