Ahad 24 Apr 2022 16:05 WIB

Jerman akan Beli 60 Helikopter Angkut Buatan Boeing

Jerman akan membeli 60 helikopter angkut berat CH-47F Chinook dari Boeing

Helikopter CH-47 Chinook.
Foto: Reuters
Helikopter CH-47 Chinook.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jerman akan membeli 60 helikopter angkut berat CH-47F Chinook dari Boeing senilai sekitar 5 miliar euro untuk meningkatkan persenjataan militernya. Pembelian ini dilaporkan oleh surat kabar Bild am Sonntag pada Ahad (24/4/2022), yang mengutip sumber-sumber pemerintah.

Pembelian helikopter tersebut akan menggunakan anggaran khusus militer senilai total 100 miliar euro. Kanselir Jerman, Olaf Scholz mengumumkan anggaran khusus militer setelah invasi Rusia ke Ukraina.

 

Helikopter tersebut dapat dikirim paling cepat pada 2025/2026. Helikopter ini akan menggantikan helikopter CH-53G yang telah berusia sekitar 50 tahun. Helikopter CH-53G dibuat oleh unit Sikorsky dari perusahaan Amerika Serikat Lockheed Martin.

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht akan berbicara di parlemen tentang keputusan pembelian helikopter tersebut pada pekan depan. Pesaing untuk kesepakatan helikopter ini di antaranya tipe CH-53K King Stallion buatan Lockheed Martin. Tetapi helikopter buatan Boeing lebih murah dan banyak sekutu NATO yang menerbangkan Chinook. Hal ini yang memperkuat langkah Jerman untuk memutuskan membeli CH-47F.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement