Ahad 24 Apr 2022 14:06 WIB

336 Warga Terima Vaksin Penguat di Terminal Kalideres

Ratusan warga yang menerima vaksin itu penumpang dan masyarakat sekitar.

Petugas medis menunjukan dua vaksin pada acara Vaksinasi Merdeka Booster (ilustrasi)
Foto: dok. istimewa
Petugas medis menunjukan dua vaksin pada acara Vaksinasi Merdeka Booster (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 336 warga menerima vaksin tahap ketiga (booster) di gerai vaksinasi yang disediakan pihak Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Ratusan warga yang menerima vaksin tersebut terdiri dari penumpang dan masyarakat yang tinggal di sekitar terminal. 

"Sejauh ini sudah 336 warga yang menerima vaksin di tempat kami. Ini merupakan bentuk kerja sama dengan Puskesmas Kelurahan, Polsek Kalideres dan Polres Jakarta Barat," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat ditemui di Terminal Kalideres, Ahad (24/4/2022).

Baca Juga

Revi menjelaskan, gerai vaksin tersebut guna memudahkan warga mendapatkan vaksin booster sebelum bepergian ke luar kota. Hal tersebut selaras dengan peraturan Kementerian Perhubungan yang mewajibkan warga menerima vaksin booster sebelum melakukan perjalanan antarkota. Karena gerai tersebut, Revi mengaku mayoritas penumpang yang saat ini berangkat lewat Terminal Kalideres sudah mendapatkan vaksin booster.

"Kemarin itu jumlah penumpang naik hingga 418 dan rata rata semua sudah booster," kata dia.

Pihaknya juga memperbolehkan penumpang yang belum menerima vaksin booster untuk bepergian keluar kota dengan beberapa syarat. Warga yang belum menerima vaksin booster diharuskan menunjukkan surat tes antigen dengan hasil negatif Covid-19 kepada petugas terminal.

Sedangkan untuk warga yang belum menerima dosis vaksin tahap dua diharuskan menunjukkan surat tes PCR dengan status negatif Covid-19. "Sedangkan kalau belum vaksin sama sekali karena masalah kesehatan, karena sakit atau komorbid berarti harus menyiapkan surat keterangan dari dokter dan ditambah surat keterangan PCR," ujar Revi.

Untuk memfasilitasi warga yang ingin melakukan tes PCR ataupun antigen, pihaknya menyediakan gerai khusus di Terminal Kalideres. "Kami sediakan gerai PCR dan antigen yang bekerja sama dengan Kimia Farma, tapi ini berbayar," kata dia. Revi berharap persyaratan tersebut dapat dipenuhi seluruh warga yang ingin melakukan mudik demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement