Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

WNI Mulai Mudik dari Kuala Lumpur

Ahad 24 Apr 2022 13:11 WIB

Red: Indira Rezkisari

Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. WNI yang mudik ke Indonesia baru bisa masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Juanda.

Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. WNI yang mudik ke Indonesia baru bisa masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Juanda.

Foto: ANTARA/Fauzan
WNI dari Malaysia baru bisa terbang lewat Soekarno-Hatta dan Juanda.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia, mulai mudik ke Tanah Air. WNI yang mudik ingin bisa merayakan sepuluh hari terakhir Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H di Indonesia.

"Alhamdulillah sudah sampai di rumah. Perjalanan lancar. Bagi kawan-kawan yang mau pulang dan bawa HP yang dibeli di Malaysia silakan daftar IMEI-nya dulu secara dalam jaringan. Jika tidak maka HP tidak bisa digunakan di Indonesia," guru sekolah Islam di Kuala Lumpur, Dr Ahmad Fathoni, berbagi pengalaman ketika dihubungi Ahad (24/4/2022).

Baca Juga

Fathoni berangkat dari Kuala Lumpur ke Jakarta pada Sabtu (23/4/2022) pukul 20.45 dengan menggunakan maskapai Malindo Air OD320. Dia menyampaikan kekecewaannya karena roda kopernya hilang dan ada yang retak.

"Koper saya hancur. Sepertinya main banting saja," katanya.

Sementara itu, guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Sulthon Kamal berbagi cerita soal kenyamanan yang ia rasakan ketika naik kereta api dalam rangka mudik dari Kuala Lumpur menuju Pekalongan. "Tempat duduk masih banyak yang kosong, bisa untuk tiduran. Kereta api di Indonesia memang top markotop," ujar Sulthon,yang juga adalah Sekretaris Umum PCIM Malaysia.

Sementara itu Dina Qurniawati, yang mudik ke Surabaya dari Bandara KLIA Kuala Lumpur pada Senin (18/4/2022) lalu, mengatakan perjalanannya untuk mudik kembali lancar. "Alhamdulillah perjalanan pulang lancar. Hasil PCR saat itu ditanyakan langsung oleh petugas AirAsia di Bandara. Antrean check in-nya perlu kesabaran karena penumpang membeludak. Sedangkan saat tiba di Bandara Juanda lancar," katanya.

Perwakilan Bank Indonesia di Malaysia, Rifki Ismail, mengatakan perjalanannya dari Kuala Lumpur ke Jakarta juga berjalan lancar. "Alhamdulillah proses di Bandara Soekarno-Hatta jauh lebih sederhana dan cepat," katanya.

Atase Perhubungan KBRI Kuala Lumpur Capt Supendi MM Tr mengatakan saat ini jalur penerbangan udara yang dibuka dari Kuala Lumpur ke tanah air hanya ke Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Juanda. Sedangkan pelabuhan yang dibuka adalah Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, dan Pelabuhan Pasir Gudang untuk perjalanan ke Batam. Dia mengharapkan agar masyarakat menggunakan jalur resmi selama mudik ke Tanah Air.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA