Ahad 24 Apr 2022 12:02 WIB

DIRA Ungkap Cerita Haru di Balik Kolaborasi Paling Berkesannya

Doa ibu diyakini DIRA menjadi penyebab kolaborasinya dengan Andrea Bocelli.

Penyanyi jazz Dira Sugandi atau DIRA.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Penyanyi jazz Dira Sugandi atau DIRA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Dira Sugandi atau DIRA mengungkap kolaborasi paling berkesan yang pernah dilakukan sepanjang kariernya. DIRA mengatakan bahwa pada dasarnya semua kolaborasi bersama musisi lain memiliki kesan tersendiri.

Namun baginya, yang tidak terlupakan adalah saat berduet bersama penyanyi tenor asal Italia, Andrea Bocelli. "Karena aku nggak pernah mimpi berkolaborasi dengan Andrea Bocelli. Karena dia penyanyi tenor terbaik di dunia dan dia kayak jauh banget dari jangkauan aku, kayak nggak mungkin aja," ujar DIRA, Ahad (24/4/2022).

Baca Juga

Pengalaman ini terasa sangat berkesan, lantaran sang ibu selalu mendoakan agar DIRA suatu saat bisa berkolaborasi dengan Bocelli. Setiap melihat penampilan Bocelli di televisi, sang ibu selalu mengutarakan keinginannya untuk melihat DIRA bisa bernyanyi bersama.

Harapan itu pun tiba, DIRA mendapat tawaran untuk tampil bersama Bocelli dalam sebuah konser yang berlangsung pada 15 Mei 2011 di The Ritz Carlton Ballroom Pacific Palace, Jakarta. "Mama nonton juga dan aku harus menceritakan itu ke Andrea Bocelli, menceritakan background story-nya seperti apa, kenapa aku bersyukur dan berterima kasih. Mama nangis, aku nangis, semua yang nonton dan dengar cerita itu nangis," kata pelantun "Satu Cinta" itu.

 

Sementara itu, DIRA mengaku senang berkolaborasi dengan musisi lain. Dia berharap bisa menjalin kerjasama dengan banyak musisi lainnya, khususnya yang berbeda genre dan para penyanyi lintas generasi.

DIRA juga berharap industri musik Indonesia bisa lebih kompak antar generasi dan genrenya. Dengan begitu, dunia musik tanah air akan mampu berkembang.

"Karena kita bisa memiliki kekuatan yang kuat dan industri yang kuat kalau kita benar-benar kompak dan solid, jadi saling support antar musisi dan pendengar juga memberi feedback yang baik," ujar DIRA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement