Selasa 03 May 2022 14:20 WIB

Ini Pantai-Pantai yang Bisa Dikunjungi Saat Kalian Mudik di Bandung

Ini pantai-pantai di dekat Bandung yang bisa dikunjungi para pemudik.

Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ini pantai-pantai di dekat Bandung yang bisa dikunjungi para pemudik.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ini pantai-pantai di dekat Bandung yang bisa dikunjungi para pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) menyatakan ada lima rekomendasi pantai yang dekat dari Kota Bandung yang cocok dikunjungi saat momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/Lebaran 2022 Masehi.

"Lima pantai yang dekat dari Bandung ini bisa jadi obat penawar lah kalau kita lagi mumet dengan rutinas harian kita. Bisa dikunjungi saat liburan lebaran nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Benny Bachtiar.

Baca Juga

photo
Pantai Rancabuaya, Garut - (disbudpar)

Pantai pertama yang lokasinya dekat dari Kota Bandung, kata dia, ialah Pantai Rancabuaya di Kabupaten Garut. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling dekat dari Kota Bandung, dengan durasi perjalanan kurang lebih 3 jam 50 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun atau 4 jam via Jalur Pangalengan.

Ia menuturkan salah satu daya pikat pantai ini adalah air lautnya yang memiliki tiga warna yang kontras. Jika dilihat dari dekat, air laut ini sangat jernih, namun bila dilihat dari udara akan terlihat perpaduan tiga warna yakni putih, hijau dan biru tua karena berbagai faktor geografis.

photo
Wisatawan mengunjungi kawasan wisata Pantai Santolo, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pantai kedua yang lokasinya dekat dari Kota Bandung, yaitu Pantai Santolo yang juga ada di Kabupaten Garut. Dari Bandung, Santolo bisa ditempuh durasi sekitar 4 jam 37 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun. Pantai ini menyajikan suasana tenang dengan panorama pantai selatan yang indah dengan biota lautnya yang beragam.

photo
Puluhan perahu nelayan ditambatkan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Sabtu (13/1). (Republika/Edi Yusuf)

Pantai ketiga yang lokasinya dekat dari Kota Bandung, ialah Pantai Jayanti yang terletak di Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pantai Jayanti ini merupakan salah satu pantai terdekat dari Bandung, durasi tempuhnya sekitar 3 jam 41 menit dari Bandung.

Panorama dari Jayanti sedianya menjadi pemandangan pembuka sebelum menjelajah pantai selatan lainnya, seperti Santolo atau Rancabuaya.

photo
Suasana kawasan Pantai Sayang Heulang, Kabupaten Garut, Selasa (18/5). - (Dok Diskominfo Garut)

Pantai keempat yang lokasinya dekat dari Kota Bandung, yaitu Pantai Sayang Heulang, di Kabupaten Garut. Jarak tempuhnya sekitar 4 jam 57 menit jika ditempuh lewat jalur Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tak hanya soal pemandangan dan bentang alamnya yang menawan, di sini juga terdapat gundukan pasir yang eksotis sehingga kerap dijuluki 'Sahara van Garut'. Sekilas mirip Parangkusumo di Bantul DIY, yang bisa dimanfaatkan traveler untuk berfoto seperti di gurun pasir timur tengah.

Pantai kelima yang lokasinya dekat dari Kota Bandung, yaitu Pantai Pondok Bali di Kabupaten Subang. Waktu tempuh ke pantai ini hanya memakan waktu sekitar 2 jam 37 menit via Tol Cipularang dan Jalan Raya Pantura.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement