Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Aksi Ekstrem, Dua Skydivers Ini akan Bertukar Pesawat di Langit

Ahad 24 Apr 2022 09:19 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Luke Aikins (kiri) dan Paulo Iscold

Luke Aikins (kiri) dan Paulo Iscold

Foto: Dok. Red
Dalam atraksi ini, keduanya akan terbang sejajar dari ketinggian empat ribu meter.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Duo Red Bull Air Force akan melakukan atraksi luar biasa dengan bertukar pesawat di tengah penerbangan. Anggota Red Bull Air Force, binaan minuman berenergi terkemuka di dunia itu, Luke Aikins dan sepupunya, Andy Farrington, akan membuat sejarah baru pada 25 April 2022 pukul 06.00 WIB (24 April pukul 16.00 waktu Amerika Serikat) mendatang. Mereka akan melakukan ‘Plane Swap’, yakni pertunjukkan udara ekstrem, yang akan disiarkan langsung. 

Dalam atraksi ini, keduanya akan terbang sejajar dari ketinggian empat ribu meter, lalu mematikan mesin dan menukikkan pesawat mereka secara sinkron. Selanjutnya mereka akan bertukar masuk ke kokpit pesawat, dan semuanya akan dilakukan dalam waktu 1 menit. Ini adalah salah satu dari sekian banyak proyek ekstrem yang dilakukan Red Bull, yang identik dengan kaleng biru dan silver. 

Baca Juga

Untuk upaya 'Pertukaran Pesawat' ini, Aikins (48 tahun) dan Farrington (39) akan menggunakan dua pesawat Cessna 182 untuk terbang solo ke ketinggian 14 ribu kaki. Kemudian, dalam waktu sekitar satu menit, mereka akan menempatkan pesawat ke dalam posisi menukik yang terkendali, melompat keluar - meninggalkan pesawat yang benar-benar kosong - terjun bersama-sama menuju pesawat yang berlawanan, memasuki kokpit, melepaskan sistem rem udara, menyalakan kembali mesin dan mengambil kendali sebelum melakukan pendaratan yang aman.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah penerbangan seorang pilot lepas landas dengan satu pesawat dan mendarat di pesawat lain. Konsepnya adalah gagasan Aikins yang terinspirasi oleh foto tahun 1990-an, dalam sebuah publikasi penerbangan dan dimanifestasikan selama seumur hidup," demikian bunyi keterangan dari Red Bull yang diterima oleh republika.co.id di Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

photo
Luke Aikins di dalam pesawat Cessna 182 saat latihan. - (Dok. Red)
Karier Aikins telah membuatnya menjadi penerjun payung yang diakui - melakukan lebih dari 21 ribu lompatan, jadi pilot pesawat komersial/helikopter, inovator dan pelatih, dan konsultan pada misi legendaris Red Bull Stratos 2012.

Warga Washington ini selalu mencari cara untuk menggunakan sains dan teknik untuk mendorong olahraga ini ke tingkat yang lebih tinggi. Pada tahun 2016, ia membuat rekor dunia baru dengan terjun bebas dari ketinggian pertengahan troposfer 25 ribu kaki tanpa parasut, mendarat di jaring berukuran 30m x 30m yang dibangun dengan hati-hati. Itu hanya salah satu dari 3 rekor dunia yang dia pegang.

"Sementara Andy Farrington, terlahir untuk terbang. Dibesarkan di antara keluarga skydivers, ibunya, Jessie, membuat sekitar 100 lompatan dengan Andy ketika masih dalam kandungan. Andy melakukan lompatan tandem pertamanya pada usia 12 tahun, bermain solo pada usia 16 tahun, dan sejak itu menjadi raja langit, setelah mengumpulkan lebih dari 27 ribu lompatan, seribu lompatan BASE, dan enam ribh jam sebagai pilot," lanjut keterangan tersebut.

Proyek yang dicanangkan oleh minuman berenergi dari Austria ini dilakukan dengan sangat serius. Berjam-jam penelitian dan pengembangan telah dilakukan untuk modifikasi yang diperlukan, untuk memastikan kegiatan ini dapat dilakukan, berkonsultasi dengan insinyur penerbangan terkenal di dunia Dr Paulo Iscold. Ketiganya berdiskusi dan memecahkan masalah, bagaimana menghasilkan penurunan vertikal terkontrol .

Ini membutuhkan rekayasa balik dari mekanik autopilot dan menghasilkan sistem rem udara yang dibuat khusus, yang dipasang di perut pesawat dan akan menahan pesawat pada kecepatan turun terkontrol 225 kpj (140 mph), yang sangat cocok dengan tingkat penurunan skydivers.

 "Plane Swap adalah puncak karier saya, dan tujuan saya adalah untuk menginspirasi dunia dan menunjukkan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Anda dapat menetapkan pikiran Anda pada sesuatu yang kadang-kadang tampak liar, gila dan tidak dapat dicapai, tetapi melalui ambisi dan kreativitas, Anda bisa mewujudkannya," ujar dia.

 "Anda dapat menjadi saksi dari Plane Swap ini di Red Bull T (https://www(dot)redbull(dot)com/id-id/events/plane-swap) pada tanggal 25 April 2022 Pukul 06.00 WIB," kata dia melanjutkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA