Ahad 24 Apr 2022 09:17 WIB

Banjir Landa Desa Bahomakmur Kabupaten Morowali

Banjir terjadi akibat luapan air sungai yang berada di sekitar dua dusun.

Warga menerobos banjir akibat hujan deras (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Arnas Padda
Warga menerobos banjir akibat hujan deras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Banjir melanda Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Sabtu (23/4/2022). "Banjir melanda Dusun IV dan Dusun VDesa Bahomakmur. Banjir terjadi akibat luapan air sungai yang berada di sekitar dua dusun tersebut sejak pukul 12.00 WITA," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andi Sembiring dihubungi di Palu, Ahad (24/4/2022).

Tidak beberapa jam setelah air meluap, lanjutnya, permukiman warga di Dusun IVdan Dusun lima V Desa Bahomakmur terendam banjir dengan ketinggian air setinggi lutut orang dewasa. Akibat banjir tersebut tercatat ada 100 kepala keluarga (KK) yang terdampak. Fasilitas umum yakni Kantor Desa Bahomakkur dan sebuah masjid juga terdampak banjir.

Baca Juga

"Saat ini warga yang terdampak banjir sangat membutuhkan bantuan sembako dan air bersih," ujarnya.

Andi mengatakan saat ini BPBD Provinsi Sulteng dan BPBD Kabupaten Morowali masih melakukan pendataan terhadap infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang terdampak banjir.

Ia mengimbau warga Desa Bahomakmur tetap waspada dan selalu siap siaga mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu. 

"Sampai sekarang belum ada laporan korban jiwa. Kami terus berkoordinasi dengan BPBD Morowali untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement