Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 25 Apr 2022 04:05 WIB

Umat muslim beraktivitas usai menunaikan shalat Dzuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022). Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim memanfaatkan waktu dengan memperbanyak serta meningkatkan ibadah membaca Alquran (tadarus) dan melaksanakan shalat-shalat sunnah. Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Umat muslim beraktivitas usai menunaikan shalat Dzuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022). Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim memanfaatkan waktu dengan memperbanyak serta meningkatkan ibadah membaca Alquran (tadarus) dan melaksanakan shalat-shalat sunnah. Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan

Lakukan sesuatu yang istimewa dengan menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah waktu untuk melakukan ibadah, doa dan memohon ampun, dan mungkin menjadi bulan yang menantang untuk tetap berada di jalur dengan tujuan dan hal yang harus dilakukan.

Tidak diragukan lagi, puasa akan menghentikan beberapa aktivitas sebelumnya yang paling kita suka dan melatih kita bersabar. Ini adalah amalan yang diperlukan jika kita ingin mencapai kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga

Hal ini terdapat dalam Alquran:

“Sungguh, Aku telah memberi mereka pahala pada hari ini karena kesabaran mereka – bahwa mereka adalah orang-orang yang sukses” (QS Al-Mu'minun:111)

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda tetap berada di jalur untuk mencapai tujuan Ramadhan dan meningkatkan produktivitas Anda selama bulan yang diberkati, dilansir di About Islam.

1. Terapkan sifat sabar

Ketika berhadapan dengan orang dalam kehidupan sehari-hari, jika kita menemukan situasi yang tidak menyenangkan dan memprovokasi, mari kita bersikap toleran dan sabar agar puasa kita tidak terganggu. Kita terutama harus berusaha tetap diam ketika marah.

Allah berfirman dalam Alquran:

“Dan (Allah) akan membalas mereka untuk apa yang mereka sabar bertahan (dengan) taman di surga dan pakaian sutra” (Al-Insan 80:15)

Berlatih kesabaran bisa sangat sulit tetapi imbalannya tidak diperhitungkan.

Berita Lainnya

Play Podcast X