Ahad 24 Apr 2022 01:48 WIB

Tekuk Dortmund 3-1, Bayern Muenchen Juara Bundesliga Jerman

Muenchen menjuarai Bundesliga 10 kali beruntun dan menjadi rekor baru di Eropa.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Bayern Muenchen merayakan keberhasilan menjadi juara Bundesliga Jerman 2021/2022.
Foto: EPA/RONALD WITTEK
Para pemain Bayern Muenchen merayakan keberhasilan menjadi juara Bundesliga Jerman 2021/2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen akhirnya mengunci gelar Bundesliga Jerman usai mengalahkan Borussia Dortmund 3-1, Ahad (24/4/2022) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Muenchen menjuarai Bundesliga 10 kali beruntun dan menjadi rekor baru di lima liga top Eropa.

Muenchen sudah tidak lagi terkejar oleh Dortmund di peringkat dua, dengan jarak 12 poin dari tiga pertandingan sisa.

Baca Juga

Muenchen sudah unggul saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Berawal dari tendangan sudut yang dikirimkan oleh Kimmich, Leon Goretzka memberikan umpan sundulan ke Serge Gnabry, yang mengontrol bola dengan baik, dan langsung melepaskan tendangan ke gawang.

Robert Lewandowski kemudian menambah keunggulan pada menit 34 untuk the Bavarians. Menerima umpan dari Thomas Mueller, Lewandowski mampu menaklukan kiper Hitz untuk mengubah skor jadi 2-0, yang bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Dortmund langsung memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Kimmich menjatuhkan Marco Reus di kotak terlarang. Emre Can yang menjadi eksekutor pun sukses menjebol gawang kiper Manuel Neuer.

Erling Haaland hampir membuat Dortmund menyamakan kedudukan pada menit 79. Mendapatkan umpan terobosan dari Reus, Haaland lepas dari pengawalan bek Muenchen. Namun tendangannya masih bisa ditepis Neuer.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Dortmund malah makin tertinggal. Jamal Musiala mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Dortmund dengan tendangan kaki kanannya. Skor pun berubah 3-1 untuk keunggulan Muenchen yang bertahan hingga laga usai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement