Senin 02 May 2022 13:56 WIB

Ini Deretan Klub Liga Jepang yang Juarai Liga Champions Asia

Klub Jepang sukses menjuarai Liga Champions Asia (LCA) sejak era J League bergulir.

Logo Liga Champions Asia.
Foto: Internet
Logo Liga Champions Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Jepang bisa dikatakan menjadi salah satu kompetisi sepak bola terbaik di Asia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya klub yang sukses menjuarai Liga Champions Asia (LCA) sejak era J League bergulir.

Klub yang sukses menjadi juara LCA sejak J League bergulir pada 1993 berdasarkan data dari J League, Ahad (24/4/2022) adalah Jubilo Iwata pada musim 1998-1999, Urawa Red Diamonds 2007 dan 2017, Gamba Osaka 2008, serta Kashima Antlers pada musim 2018.

"Sebelum era J League dimulai, ada dua tim asal Jepang yang sudah mampu juara Liga Champions Asia yang saat itu masih bernama Asian Club Championship, yakni Furukawa Electric (sekarang JEF United Chiba) pada 1986 dan Yomiuri FC (sekarang Tokyo Verdy) pada 1987," tulis J League.

Setelah J League bergulir pada 1993, kedua tim jawara Asian Club Championship itu tidak mampu mengulangi prestasi tersebut sehingga muncul tim-tim baru yang sukses menjadi yang terbaik di Benua Asia.

Jubilo Iwata adalah tim selanjutnya yang menjadi juara Asian Club Championship setelah di final mengalahkan wakil Iran, Esteghlal dengan skor 2-1, meski saat itu laga berlangsung di Iran dan dihadiri oleh 121 ribu penonton tuan rumah. Jubilo sebenarnya mampu masuk ke final lagi dalam dua musim setelahnya, tetapi selalu kalah di final, yakni dari Al-Hilal dan juga Suwon Samsung Bluewings.

Setelah era keemasan Jubilo Iwata, baru pada 2007 ada tim J League yang juara lagi, kali ini dengan kompetisi sudah berubah nama jadi AFC Champions League alias Liga Champions Asia.

Urawa Red Diamonds jadi juara pada 2007 setelah mengalahkan Sepahan asal Iran dengan agregat 3-1 dalam partai final yang dilaksanakan dengan sistem kandang dan tandang.

Semusim berselang, giliran Gamba Osaka yang jadi juara. Gamba Osaka menang agregat gol 5-0 atas tim asal Australia, Adelaide United. Saat laga kandang menang 3-0 dan pada laga tandang menang 2-0.

Urawa Reds kembali jadi juara untuk kali kedua pada edisi 2017, kali ini di partai puncak mengalahkan tim Al-Hilal asal Arab Saudi dengan agregat gol 2-1. Keberhasilan tersebut diikuti Kashima Antlers yang juara semusim berselang setelah di partai final mengalahkan tim asal Iran, Persepolis, dengan agregat 2-0.

Tim terakhir Liga Jepang yang mampu lolos ke partai final adalah Urawa Reds pada 2019, tetapi  kalah 0-3 dari Al-Hilal di partai puncak.

Musim ini, J League diwakili oleh empat tim di Liga Champions Asia, yakni Kawasaki Frontale, Yokohama F Marinos, Vissel Kobe, dan Urawa Red Diamonds.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement