Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Indocement Tanam Pohon Serentak Semarakkan Hari Bumi 2022

Sabtu 23 Apr 2022 21:42 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menggelar gerakan tanam pohon serentak di seluruh area operasionalnya.

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menggelar gerakan tanam pohon serentak di seluruh area operasionalnya.

Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan perseroan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BOGOR -- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menggelar gerakan tanam pohon serentak di seluruh area operasionalnya yang meliputi Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun, menyemarakkan Hari Bumi 2022.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan perseroan dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi sebagai tempat tinggal manusia," kata Direktur dan Sekretaris PT Indocement Tunggal Prakarsa, Antonius Marcos di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga

Menurutnya, melalui kegiatan bertajuk #InvestInOurPlanet atau "Berinvestasi di Planet Kita" Indocementyang telah dilaksanakan pada Jumat (22/4/2022) dan diikuti Dirut Indocement Christian Kartawija yaitu, pihaknya juga mengajak perwakilan pemangku kepentingan dari masyarakat sekitar yaitu beberapa kelompok tani (poktan). Ia menyebutkan pihaknya menyadari kegiatan pertambangan yang dilakukan berpotensi menimbulkan dampak bagi lingkungan.

Karena itu, Indocement berupaya mengurangi dampak kerusakan lahan melalui rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan sesuai dengan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dan rencana reklamasi lahan pascatambang. "Salah satu upaya adalah dengan melakukan kegiatan reklamasi pascatambang. Hingga akhir 2021, Indocement telah menanam hampir 150.000 pohon multispesies di tiga lokasi pabrik," katanya.

Ia menjelaskan, pohon yang ditanam juga bisa berfungsi sebagai penahan angin dari proses produksi Indocement, kemudian meningkatkan pasokan oksigen dan penyerapan karbon dioksida, meningkatkan penyerapan air, serta dapat menurunkan temperatur udara.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA