Sabtu 23 Apr 2022 15:30 WIB

Prabowo-Puan Bisa Bersaing dengan Anies-AHY atau Ganjar-Airlangga

Saat Prabowo-Puan dihadapkan Ganjar-Airlangga, suaranya hanya beda tipis 1 persen

Saiful Mujani memaparkan hasil survei SMRC di channel Youtube SMRC TV,
Foto: istimewa/tangkapan layar
Saiful Mujani memaparkan hasil survei SMRC di channel Youtube SMRC TV,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  – Hasil survei Saiful Mujani & Consulting (SMRC) menujukkan bahwa akan terjadi persaingan ketat ketika Prabowo Subianto berpasangan Puan Maharani melawan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ganjar Pranowo- Airlangga Hartarto. Pasangan calon tersebut merupakan hasil simulasi SMRC terkait Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

Dalam paparan survei yang dilakukan Saiful Mujani dalam kanal Youtube SMRC TV, Saiful menjelas sejumlah simulasi yang dilakukannya. Salah satu simulasi mengukur elektabilitas dengan pilihan tertutup terhadap dua pasangan Prabowo - Puan dihadapkan dengan Anies-AHY. Hasilnya Prabowo-Puan sebanyak 41 persen, unggul atas Anies – AHY  (37,9 persen). Adapun responden yang belum menjawab atau tidak tahu (21 persen). 

“Ini seimbang. Selisihnya tidak terlalu signifikan secara statistik, 41 dengan 38. Hanya 3 persen,” kata Saiful Mujani, dalam video yang tayang di Youtube pada Jumat (22/4/2022).

Dalam simulasi lain Prabowo – Puan dihadapkan dengan Ganjar-Airlangga. Hasilnya, Prabowo – Puan mendapat dukungan 39,3 persen. Beda tipis dari Ganjar – Airlangga yang mendapat dukungan 40,3 persen. Sementara, 20,5 persennya tidak tahu atau tidak menjawab. Ini menunjukkan hasil mereka masih cukup seimbang. 

Sementara, dalam simulasi 3 poros, angka dukungan antar ketiganya sangat seimbang satu sama lain. Anies – AHY mendapat dukungan 29,8 persen, Ganjar – Airlangga (28,5 persen), dan Prabowo – Puan sebesar 27,5 persen. Responden tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 14,3 persen 

“Hasilnya saya sebut ini seimbang. Kita lihat perkembangan dua tahun ke depan seperti apa,” kata Saiful.

Survei ini dilakukan dengan melibatkan 1.027 responden, dengan margin of error kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 13-20 Maret 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement