Sabtu 23 Apr 2022 14:47 WIB

Ini 10 Tips Mudik Aman dan Sehat ala Polri

Pemudik harus memastikan rumah dalam keadaan terkunci.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.
Foto: Dok Polri
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membagikan 10 tips mudik aman, sehat bagi masyarakat yang bakal melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri 2022. Menurut dia, bila masyarakat menerapkan 10 tips mudik ini, maka akan merasakan pulang ke kampung halaman dalam kondisi tenang dan bahagia.

"Yang pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci," kata Dedi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga

Tips yang kedua, menginformasikan rencana kepulangan (mudik) kepada tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik. Atau Istilahnya menitipkan rumah untuk jaga, sehingga kalau terjadi peristiwa dengan rumah bisa langsung dikabari.

Yang ketiga, pemudik juga bisa menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata. Keempat, apabila menggunakan kendaraan pribadi harus dicek semua kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan di jalan.

Selanjutnya, tips kelima, apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan.

Lalu keenam, untuk memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap COVID-19 saat mudik, warga diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster (penguat). "Saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. lstirahatlah di rest area yang ada bila terasa lela, guna menghindari kecelakaan," kata Dedi.

Tips berikutnya, bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik.

"Yang terakhir, tetap disipilin protokol kesehatan dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," kata Dedi.

Sebanyak 144.392 personel gabungan diturunkan dalam mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Personel gabungan terdiri atas 876 personel Mabes Polri, 87.004 personel Polda jajaran, dan 56.512 personel dari instansi terkait, seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, satuan polisi pamong praja, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka dan mitra Kamtibmas.

Seluruh personel tersebut akan mengisi 2.702 posko yang terdiri dari 1.710 pos pengamanan, 734 pos pelayanan, dan 258 pos terpadu yang tersebar di sepanjang jalur mudik. Pengamanan yang dilakukan jajaran Polri meliputi 101.454 objek pengamanan, terdiri atas 90.796 masjid, 4.324 pusat perbelanjaan, 4.326 objek wisata, 833 terminal, 666 pelabuhan, 299 stasiun kereta api dan 210 bandara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement