Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image NUR FITRI YULIAWATI

Teknologi Informasi, Manfaat dan Sejarah

Teknologi | Friday, 22 Apr 2022, 20:16 WIB

Seiring kemajuan teknologi, begitu pula bidang-bidang yang ada dan perlu dikembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi. Ini adalah bidang yang erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Tanpa teknologi informasi, kemajuan tidak akan begitu maju.

Baca 7 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Pengertian IT secara umum adalah studi tentang desain, implementasi, pengembangan, dukungan, atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, terutama perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software komputer) aplikasi.

Menurut Wikipedia, konsep teknologi informasi (TI) adalah istilah umum untuk teknologi untuk membantu orang membuat, memodifikasi, menyimpan, mengomunikasikan, dan mendistribusikan informasi.

Baca 7 Cara Menghemat Listrik ac agar tidak boros

Teknologi informasi adalah teknologi yang memiliki segala macam fungsi seperti pengolahan data, pengolahan data, pengambilan, kompilasi, penyimpanan, dan modifikasi untuk memperoleh informasi yang berguna atau berkualitas. Selain itu, fungsi teknologi informasi adalah untuk memecahkan masalah, meningkatkan kreativitas terbuka, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas manusia.

Teknologi informasi adalah berbagai fasilitas, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak, untuk membantu dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat secara cepat dan efisien.

Penjelasan singkat tentang betapa pentingnya teknologi informasi ini bagi orang-orang dapat dilihat. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian, fungsi dan manfaat IT.

Memahami TI

Teknologi informasi secara umum adalah studi tentang desain, operasi, pengembangan, dukungan, atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama perangkat keras dan perangkat lunak.

Menurut ITTA (Information Technology Association of America), pengertian TI adalah studi, desain, implementasi, pengembangan, dukungan, atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, terutama perangkat keras komputer dan aplikasi perangkat lunak.

Teknologi informasi menggunakan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk menerjemahkan, menyimpan, memproses, melindungi, mengirimkan, dan mengambil informasi dengan aman.

Teknologi informasi merupakan alat penting yang harus dimiliki pemilik bisnis tidak hanya sebagai alat komunikasi (baca: pengertian komunikasi) tetapi juga sebagai alat untuk mengkoordinasikan dan melestarikan dokumen-dokumen penting.

Teknologi informasi digunakan untuk mengelola informasi, yang saat ini menjadi bagian penting dari semakin kompleksnya tugas-tugas manajemen, dampak ekonomi internasional (globalisasi), kebutuhan akan response time yang cepat, dan tekanan persaingan bisnis.

pekerjaan TI

Tentu saja, keberadaan teknologi informasi memegang peranan penting. Keberadaan teknologi informasi tidak memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan. Teknologi informasi setidaknya memiliki enam fungsi: menangkap, menyimpan, memproses, mentransmisikan, memperoleh, dan menghasilkan. Berikut ini adalah uraian dari enam fungsi TI, yaitu:

Tangkap (tangkap)

Tangkap di sini dapat didefinisikan sebagai input. Misalnya mendapatkan input dari microphone, keyboard, scanner, dan lain sebagainya. Fitur pengambilan mungkin juga tidak asing lagi saat Anda menggunakannya untuk menyimpan informasi.

Fungsi TI sebagai pengaturan

Fungsi TI ini mengkompilasi laporan rinci aktivitas seperti input dari keyboard, pemindai, dan mikrofon. Dengan setup, akan lebih mudah bagi Anda untuk memproses file dan data Anda.

Mengolah atau mengolah data masukan yang diterima menjadi informasi.

Pengolahan atau pengolahan data dapat berupa konversi (pengubahan data ke dalam bentuk lain), analisis (condition analysis), perhitungan (calculations), sintesis (integrasi) semua bentuk data dan informasi. Dengan fungsi ini, pasti akan lebih mudah bagi pengguna

TI berfungsi sebagai generasi

Pekerjaan generasi adalah tempat di mana teknologi bekerja sebagai alat untuk mengatur informasi ke dalam format yang lebih fokus dan mudah dipahami. Contoh sederhana adalah grafik dan tabel.

Fungsi TI sebagai repositori

Fungsi TI ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (CD) dan sebagainya.

Sebagai pengambilan fungsi IT

Fungsi dari teknologi informasi ini adalah untuk mencari data yang tersimpan, mengambil informasi atau menyalin data dan informasi, misalnya mencari penyedia berbayar, dan lain sebagainya. Terkadang data yang tersimpan sulit ditemukan karena dikemas dengan fungsi ini untuk memudahkan pengguna dan menghemat waktu.

Fungsi IT sebagai transmisi (transmisi)

Fungsi IT ini mentransmisikan data dan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya, mengirimkan data penjualan pengguna A ke pengguna lain. Jadi kita tidak perlu menyalin satu per satu, saling berbagi.

tujuan IT

Tujuan IT adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kebutuhan untuk memecahkan masalah, terbukanya kreativitas manusia dan efisiensi di tempat kerja, menjadi alasan atau fokus penciptaan teknologi informasi.

Pekerjaan manusia dengan teknologi informasi menjadi mudah dan efisien. Dengan kata lain, teknologi informasi ini diciptakan belakangan karena sebuah sistem kerja membutuhkan solusi, kreativitas, efisiensi dan efektivitas.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat IT sangat penting dalam kegiatan sehari-hari. Manfaat ini dapat dijadikan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik karena adanya teknologi informasi yang membantu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Manfaat ini dapat dikategorikan berdasarkan kebutuhan mereka:

Untuk pendidikan

Dengan munculnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan khususnya komputer, siswa menjadi lebih efektif dalam belajar. Komputer merupakan media sekaligus sumber informasi yang memfasilitasi pengembangan kreativitas siswa.

Untuk industri dan manufaktur

IT dapat membantu merancang produk yang akan dirilis ke industri dan mengontrol mesin produksi dengan presisi yang baik. Apalagi seperti yang kita ketahui, industri membutuhkan barang cepat untuk berproduksi dalam skala besar.

Untuk bisnis dan perbankan

Dengan TI, transaksi dapat dilakukan lebih aman, dan sistem perbankan yang canggih dapat membantu. Dan aksesnya dapat dengan mudah dikendalikan oleh teknologi saja.

Untuk militer

Dengan teknologi informasi canggih, dapat digunakan untuk menavigasi kapal selam, mengendalikan pesawat ruang angkasa dengan atau tanpa setir. Dengan teknologi militer, akses darurat juga dimungkinkan.

Untuk teknik dan pengetahuan

Teknologi informasi dapat digunakan untuk mempelajari struktur tanah, angin dan cuaca. Dan dapat membantu dalam perhitungan. Saat ini akses ke pengetahuan ada di mana-mana dan mudah diakses dengan Internet. Juga di bidang teknik dan beberapa proyek.

Untuk obat

Dapat digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit dan mengambil gambar semua organ tubuh dari komputer. Padahal, teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bidang kedokteran saat ini, yaitu: scan, radiologi dan ultrasound.

Untuk pemerintah

Teknologi informasi dapat digunakan dalam pengolahan data dan informasi yang ditujukan kepada publik. Hubungan antara pemerintah dan masyarakat dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, teknologi dapat dengan cepat menentukan apa yang terjadi di suatu daerah.

Untuk hiburan dan olahraga

Teknologi komputer dapat digunakan untuk membuat animasi, periklanan, desain grafis, dan audio visual menjadi lebih baik dan lebih menarik. Bahkan, sekarang banyak programmer yang menciptakan lapangan pekerjaan untuknya sekaligus.

Untuk bidang kriminal

Teknologi dapat mempermudah petugas dalam memecahkan masalah dan dengan mudah mengidentifikasi pelanggaran peraturan lalu lintas dan sidik jari. Bahkan kejahatan di kelas cybercrime dapat dengan mudah dideteksi melalui teknologi.

Kesimpulan dan kesimpulan

Penjelasan di atas sudah cukup untuk menambah wawasan Anda tentang IT. Komponen yang digunakan dalam teknologi informasi meliputi perangkat keras, perangkat lunak, perangkat lunak otak (kecerdasan manusia/pengguna), data, informasi, dan pengetahuan. Semua komponen tersebut telah menjadi satu kesatuan untuk terwujudnya teknologi informasi.

Banyaknya dampak positif dari keberadaan teknologi informasi memiliki sisi negatif. Dampak negatifnya seperti generasi muda yang semakin kecanduan dan ketergantungan dengan adanya kemajuan teknologi ini. Oleh karena itu, di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, Anda perlu menyikapinya dengan cerdas. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak negatif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image