Jumat 22 Apr 2022 23:37 WIB

Gubernur NTB: Kegiatan Internasional Buat NTB Dikenal

Motorcross Grand Prix akan digelar di Samota Sumbawa pada 24-26 Juni 2022.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah.
Foto: Dok Pemprov NTB
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah mengatakan, saat ini orang Indonesia mulai banyak membicarakan daerahnya seiring digelar-nya sejumlah kegiatan internasional seperti MotoGP di Mandalika dan Motorcross Grand Prix (MXGP) Samota. Ia mengaku itulah alasan kenapa pemerintah daerah terus mendorong kegiatan internasional di NTB.

"Jadi, orang Indonesia sekarang ngomongin NTB terus," ujarnya di Mataram, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Menurut dia, pihaknya ingin semua orang di Indonesia mengetahui NTB. Termasuk, dengan rencana digelar-nya kegiatan MXGP di Samota Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni 2022.

"Kenapa MXGP kita gelar di Samota, biar juga orang tahu, sehingga saya juga ingin banyak kegiatan digelar di seluruh tempat di NTB," kata Zulkieflimansyah.

Menurutnya, meski kegiatan MXGP Samota persiapan-nya relatif sederhana tidak seperti mempersiapkan MotoGP Mandalika, namun tetap saja akan mendatangkan puluhan ribu orang. "Adanya kegiatan internasional mau tidak mau membuat daerah untuk juga berubah," katanya.

NTB, kata dia, membutuhkan kegiatan internasional agar pemerintah pusat bisa membantu daerah. Salah satu contohnya, yakni terbangunnya infrastruktur seperti rencana penebalan landasan pacu (runway) Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin dalam rangka mendukung kegiatan MXGP Samota. Termasuk pembenahan Pelabuhan Badas yang dikelola oleh Pelindo.

"Bandara itu kan otoritasnya pusat Kementerian Perhubungan yang punya sama juga Pelabuhan Badas dimiliki pusat Pelindo, maka pusat yang akan membantu membenahi," ujarnya.

Begitu juga dengan instalasi listrik yang ditangani PLN, jalan Kementerian PUPR, dan telekomunikasi di Telkom. "Sehingga kalau daerah saja tidak akan bisa maka butuh bantuan pusat," kata dia.

Di samping butuh bantuan pusat, dalam pelaksanaan kegiatan MXGP, tentunya daerah membutuhkan sponsor. Karena untuk sebuah kegiatan internasional membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Sponsor kita cari sendiri. Jadi, harus dikumpul ramai-ramai dan sejauh ini ada perbankan, Pertamina dan PT Amman yang Insya Allah siap membantu," kata Bang Zul sapaan akrabnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement