Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Salah Satu Penyebab Perkawinan Anak: Pengetahuan Orang Tua Soal Kesehatan Reproduksi Minim

Jumat 22 Apr 2022 22:45 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi pernikahan dini. Pernikahan anak terjadi akibat beragam penyebab, salah satunya kurangnya pengetahuan orang tua mengenai kesehatan reproduksi.

Ilustrasi pernikahan dini. Pernikahan anak terjadi akibat beragam penyebab, salah satunya kurangnya pengetahuan orang tua mengenai kesehatan reproduksi.

Foto: MGROL100
Perkawinan anak juga terjadi karena komunikasi kesehatan reproduksi dianggap tabu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Fania Kusharyani mengatakan, salah satu penyebab terjadinya perkawinan anak adalah kurangnya pengetahuan orang tua mengenai kesehatan reproduksi. Terbatasnya akses ke layanan kesehatan dan reproduksi bagi remaja juga menjadi pemicu.

"Mereka kurang pengetahuan mengenai kesehatan remaja, kesehatan reproduksi, apa dampak-dampak negatif dari hubungan seksual di usia dini," kata Fania dalam webinar bertajuk "Kapan Usia Kawin Anak yang Berisiko?" yang diikuti di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Selain itu, orang tua juga kesulitan mengomunikasikan kesehatan reproduksi dan masalah seksualitas pada anak dan remaja. Percakapan itu masih dianggap tabu di Indonesia.

"Itu yang dapat menghambat anak-anak untuk mengetahui pentingnya menjaga diri," kata Fania.

Penyebab lainnya, adanya kekhawatiran orang tua akan masa depan anak serta kurangnya kedekatan orang tua dan anak remaja. Padahal, kedekatan hubungan orang tua dan anak penting untuk mencegah terjadinya perkawinan usia anak.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA