Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Tips Lolos Rekrutmen BUMN

Jumat 22 Apr 2022 17:48 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda

Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Periode pendaftaran dimulai pada tanggal 14 hingga 25 April 2022. Sejumlah BUMN termasuk PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk turut berpartisipasi pada program tersebut.

Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Periode pendaftaran dimulai pada tanggal 14 hingga 25 April 2022. Sejumlah BUMN termasuk PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk turut berpartisipasi pada program tersebut.

Foto: istimewa
Tidak kurang dari 2.700 talenta muda akan terserap ke dalam program rekrutmen BUMN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Tidak kurang dari 2.700 talenta muda akan terserap ke dalam program rekrutmen bersama BUMN tahun 2022. Pendaftaran masih dibuka pada 14 hingga 25 April 2022. Pada program rekrutmen ini, Telkom adalah salah satu perusahaan BUMN yang membuka 11 bidang pekerjaan dengan menerima hingga 300 karyawan.

LivinginTelkom, sebagai platform dan akun resmi yang dikelola oleh Divisi Human Capital Telkom Indonesia, berbagi kiat untuk lolos Rekrutmen Bersama BUMN yaitu:

Baca Juga

1. Teliti dan persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Rekrutmen Bersama BUMN dapat diakses di portal https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/. Setelah mendaftar, kandidat akan menerima email untuk mengonfirmasi pembuatan akun. Kandidat akan diminta mengisi data diri dan mengisi formulir dengan informasi mirip dengan CV. Anda juga diminta mengisi alamat akun media sosial yang aktif.

Pastikan Anda mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan agar lebih efisien dan tepat dalam menginput data. Anda juga akan diminta menyediakan surat rekomendasi. Anda dapat meminta mantan atasan, mantan dosen pembimbing, atau tokoh di organisasi tempat Anda pernah aktif. Pastikan surat rekomendasi memuat identitas jelas dan tanda tangan pemberi rekomendasi, serta narasi yang berisi alasan mengapa Anda layak direkrut.

2. Catat dan pilih lowongan yang potensial

Telkom membuka 11 bidang pekerjaan. Dari 11 tersebut, pilih lowongan sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas, maupun passion Anda. Lakukan riset secara online mengenai role/tanggung jawab di posisi tersebut dan sesuaikan dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja Anda. Website resmi Rekrutmen Bersama BUMN juga akan menampilkan status jumlah pendaftar dan kuota di tiap posisi.

3. Review sebelum kirim  

Periksa kembali berkas dan keterangan pada posisi yang Anda lamar. Pastikan tetap memantau email Anda yang terdaftar. Informasi-informasi berikutnya akan Anda dapatkan via email.

Yang tidak kalah penting, berhati-hatilah dengan SMS/email/telepon yang mengatasnamakan PT Telkom atau BUMN. Jangan mengirimkan password/kode OTP/nomor identitas/nomor rekening ke pihak-pihak yang tidak terautorisasi.

Dari 11 bidang pekerjaan, sampai dengan 22 April 2022, bidang pekerjaan masih dibuka untuk Telkom adalah adalah digital connectivity, digital platform and IT, digital service dan sales. Khusus untuk sales lowongan dibuka untuk semua jurusan.

Pelamar yang lolos akan menjadi karyawan tetap di Telkom Indonesia dan otomatis menjadi bagian dari program on-boarding karyawan baru di Telkom yakni Great People Trainee Program (GPTP) angkatan ke-15.

Telkom aktif menginformasikan berbagai rekrutmen dan informasi terkait sumber daya manusia melalui akun Instagram @LivingInTelkom.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA