Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Babak Final KMS ke-17 dan OGM ke-7 Sukses Digelar

Jumat 22 Apr 2022 13:53 WIB

Red: Hiru Muhammad

Klinik Pendidikan MIPA sukses menggelar perhelatan akbar bertajuk

Klinik Pendidikan MIPA sukses menggelar perhelatan akbar bertajuk "Babak Final Kompetisi Matematika Suprarasional ke-17" dan "Babak Final Olimpiade Guru Matematika ke-7" pada Ahad (17/04/2022).

Foto: istimewa
Meski tahun ini KMS dan OGM masih online, namun peserta kompetisi tetap antusias

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Klinik Pendidikan MIPA sukses menggelar perhelatan akbar bertajuk "Babak Final Kompetisi Matematika Suprarasional ke-17" dan "Babak Final Olimpiade Guru Matematika ke-7" pada  Ahad (17/04/2022). KMS dan OGM merupakan salah satu event terbesar KPM yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Meski di tahun ini KMS dan OGM masih diadakan secara online, namun kompetisi yang menerapkan konsep biaya seikhlasnya ini tetap mendapat antusiasme tinggi dari para pelajar maupun guru di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti setiap babaknya. 

Baca Juga

"Setiap tahunnya, jumlah peserta KMS dan OGM terus mengalami peningkatan. Di tahun ini, tercatat sebanyak 32.963 turut memeriahkan babak penyisihan KMS dan untuk babak finalnya tercatat sebanyak 4.848 siswa turut adu kecerdasan untuk meraih gelar juara," ujar Ardianto S.T. selaku Manajer Lomba KPM.

Selain para pelajar Indonesia, para guru dari tingkat SD hingga SMA pun tak mau ketinggalan untuk selalu menambah ilmu pengetahuannya. Hal ini terlihat dari antusiasme tinggi para guru di Indonesia untuk berpartisipasi dalam ajang Olimpiade Guru Matematika.

Tercatat ratusan guru dari berbagai daerah di Indonesia turut menyambut hangat perhelatan akbar OGM-7. Sebab olimpiade ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru Indonesia, namun juga menjadi wadah untuk memberikan penghargaan kepada para guru yang berprestasi di kompetisi OGM.

Menariknya, kedua kompetisi ini memiliki keunikan dan kesan tersendiri. Pasalnya, pada babak final KMS-17, para peserta diwajibkan melakukan pengerjaan soal melalui Website KPM yang diawasi oleh para pengawas melalui Zoom layaknya tengah mengikuti lomba internasional.

Begitu pun dengan OGM yang diselenggarakan secara online melalui Website KPM di laman www.kpm.read1institute.org. Dengan begitu, para peserta dimudahkan dalam mengerjakan soal karena dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, sekolah, kafe, maupun tempat lainnya.

Tak hanya itu saja, Ardianto juga mengungkapkan bahwa selama lomba berlangsung, suasana terlihat sangat kondusif. Sebab, para peserta diberikan breakout rooms yang memudahkan pengawas untuk membantu mengarahkan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan melalui kolom chat yang tersedia dalam aplikasi Zoom apabila peserta mengalami kendala.

Pengumuman babak final KMS-17 dan OGM-7 nantinya akan diumumkan pada Kamis, 28 April 2022 melalui YouTube KPM Seikhlasnya dan Website KPM di laman  www.kpm.read1institute.org. 

Bagi peserta yang belum beruntung di babak final KMS maupun OGM, tak perlu khawatir, sebab, KPM senantiasa menghadirkan kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi siswa maupun guru di Indonesia. Tertarik untuk mengikuti kegiatan menarik lainnya? Yuk simak informasi selengkapnya di media sosial KPM dan jangan sampai ketinggalan, 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA