Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Tujuh Cara Melembutkan Hati yang Keras

Sabtu 23 Apr 2022 00:37 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah

Warga berziarah di makam keluarganya di tempat pemakaman umum (TPU) Karet Kebembem, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (29/3/2022). Tujuh Cara Melembutkan Hati yang Keras

Foto:
Bagian terpenting dari melembutkan hati adalah komunikasi langsung dengan Allah.

4. Pertobatan

Nabi berkata: "Ketika seorang mukmin melakukan dosa, muncul titik hitam di hatinya. Jika dia bertobat dan meninggalkan dosa itu dan mencari pengampunan, hatinya akan kembali bersih," (HR Ibnu Majah).

5. Merefleksikan Alquran

Allah berfirman: "Jika kami telah menurunkan Alquran di atas sebuah gunung, Anda akan melihatnya rendah hati dan terlepas dari rasa takut kepada Allah SWT. Dan perumpamaan-perumpamaan ini kami hadirkan kepada manusia agar mereka dapat berpikir," (59:21).

Tentunya hati kita tidak lebih keras dari gunung. Membaca Alquran, menghapalnya, mempelajari bahasanya, dan merenungkannya secara mendalam adalah semua amalan yang merupakan ibadah yang dapat melembutkan hati.

6. Merefleksikan penciptaan

Di banyak tempat dalam Alquran, Allah telah menyuruh kita merenungkan berbagai ciptaan-Nya. Setiap orang pernah mengalami ketika melihat fenomena alam, mungkin melihat luasnya laut atau melihat matahari terbenam dan terpesona. Mata Anda mulai berair dari keindahan belaka dari yang Anda lihat. Allah SWT berfirman dalam Alquran.

"Kami akan menunjukkan kepada mereka tanda-tanda kami di segenap penjuru dan di dalam diri mereka sendiri sampai jelas bagi mereka bahwa itu adalah kebenaran," (QS Fusilat [41] ayat 53).

7. Doa (dan dzikir)

Terakhir, bagian terpenting dari proses melembutkan hati adalah komunikasi langsung dengan Allah SWT. Mungkin melalui doa, dzikir, atau dalam sholat.

Anda harus merasakan hubungan langsung itu, merasakannya secara fisik di dalam hati Anda. Itu mungkin tidak segera datang. Jika ada jarak yang lama sejak terakhir kali Anda memanggil Tuhan Anda, maka mungkin perlu beberapa saat untuk membangun kembali koneksi itu. Terus berusaha dan itu akan terjadi, Insya Allah.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA