Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Terbuka Kendal

Lapas Terbuka Kendal Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an

Agama | Thursday, 21 Apr 2022, 14:36 WIB

Kendal – Pembinaan kepribadian warga binaan Lapas Terbuka Kendal selama bulan puasa tahun ini dikemas dengan kegiatan Ramadhan Camp, berbagai kegiatan positif seperti sahur bersama, dizikir pagi-petang, sholat fardu dan tarawih berjamaah hingga tadarus menjadi agenda rutin yang dilakukan sehari-hari.

Selasa malam (19/04) atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1443 H, Lapas Terbuka Kendal menggelar peringatan nuzulul Quran dengan mengangkat tema “Raih Cinta Illahi dengan Al Qur’an”. Bertempat di Gedung Serbaguna, peringatan Nuzulul Qur’an diikuti oleh petugas dan warga binaan Lapas Terbuka Kendal.

Peringatan nuzulul Qur’an di Lapas Terbuka Kendal diawali dengan Khotmil Qur’an oleh Warga Binaan Pemasyarakatan, Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy dalam sambutannya menyampaikan, “Berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan Lapas Terbuka Kendal untuk menanamkan kedalam jiwa kita semua agar bisa mengambil hikmah dari semua peringatan-peringatan keagamaan”, ujar Rusdedy.

Lebih lanjut Rusdedy menambahkan peringatan Nuzulul Qur’an merupakan peringatan yang sangat bersejarah bagi umat Islam, karena Al Quran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia diturunkan pada malam Nuzulul Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Hadir sebagai penceramah Kyai Saiful Hidayat dari Desa Wonosari, dalam tausiyahnya menjelaskan, “Bulan Ramadhan mempunyai beberapa keagungan, pertama sebagai bulan diturunkannya Al Quran, yang kedua di bulan Ramadhan diwajibkan kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa agar menjadi orang yang bertakwa, dan yang ketiga terdapat malam yang lebih mulia dari 1000 bulan yaitu malam lailatul qodar”, jelas Kyai Saiful.

Kyai Saiful juga berpesan, “Hidayah itu dicari dan diikhtiari, kita semua pernah melakukan kesalahan, kepada Warga Binaan Pemasyarakatan jangan berkecil hati, mari kita berdoa bersama agar mendapat hidayah sehingga bisa menjadi orang yang lebih baik lagi”.

Turut hadir dalam kegiatan ini Grup Hadroh Desa Wonosari yang menjadikan suasana semakin meriah dengan lantunan sholawat-sholawat dan membangkitkan rasa cinta Islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image